Benarkah Vitamin K Dapat Mengurangi Tampilan Mata Panda?

Annissa Wulan11 Mei 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 18:30 WIB
vitamin

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin pernah mendengar atau sedang menggunakan vitamin A, C, dan E sebagai perawatan kulit secara topikal. Bagaimana dengan vitamin K?

Vitamin K memainkan peran penting dalam beberapa fungsi tubuh yang berbeda. Vitamin ini juga biasanya dianggap sebagai vitamin yang lebih sistemik.

Seperti namanya, vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang ditemukan dalam makanan dan disintesis di usus besar, seperti dilansir dari byrdie.com. Vitamin ini memainkan banyak peran penting, seperti pembekuan darah, regulasi kalsium darah, dan kesehatan tulang.

Sebenarnya, mekanisme bagaimana vitamin K bekerja di kulit masih belum jelas. Namun, ada beberapa hal yang berpotensi dapat dilakukan oleh vitamin K pada kulit.

 

1. Mempromosikan penyembuhan luka

ilustrasi vitamin/pexels/polina tankilevitch
ilustrasi vitamin/pexels/polina tankilevitch

Vitamin K dapat meningkatkan penyembuhan luka dengan meningkatkan kontraksi luka dan membantu pembentukan kolagen dan pembuluh darah.

2. Memiliki beberapa sifat antioksidan

Vitamin K memiliki sifat redoks, mengacu pada kemampuan kulit untuk mendetoksifikasi spesies oksigen reaktif yang terbentuk saat kita terpapar hal-hal seperti sinar UV dan polusi.

3. Membantu memudarkan lingkaran bawah mata

Sebagian besar produk perawatan kulit yang menggembor-gemborkan vitamin K adalah krim mata yang diklaim dapat mencerahkan area bawah mata. Secara teori, hal ini disebabkan oleh efek vitamin terhadap proses pembekuan darah dan bagaimana hal itu memengaruhi darah yang terkumpul di pembuluh kecil di bawah mata.

Kecuali kamu memiliki alergi, vitamin K aman digunakan untuk semua jenis kulit. Dan karena efeknya pada pembekuan darah, siapapun yang berisiko dengan hal ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dahulu sebelum menggunakan vitamin K.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓