5 Manfaat Ceker Ayam yang Bisa Menguatkan Tulang

Kezia Prasetya Christvidya10 Mei 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 10:35 WIB
sop ceker

Fimela.com, Jakarta Ceker ayam atau kaki ayam adalah salah satu bagian ayam yang disukai banyak orang. Ceker ayam ini memiliki bagian kulit, tendon dan tulang, yang bisa diolah menjadi berbagai macam masak.

Ceker ayam bisa diolah menjadi lauk soto, digoreng, dibakar, ditumis dan lain sebagainya yang bisa menggugah selera. Namun ada sebagian orang yang tidak suka ceker, karena dianggap kurang higienis dan tinggi kolesterol.

Tapi ternyata ceker memiliki banyak manfaat yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu menguatkan tulang. Karena ceker mengandung nutrisi lengkap, seperti protein dan kolagen. Berikut manfaat ceker ayam.

 

Manfaat Ceker Ayam

ceker pedas
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Dhodi Syailendra

1. Menguatkan Tulang

Manfaat mengonsumsi ceker yang pertama, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan tulang, karena ceker ayam memiliki kandungan protein dan kolagen, yang mampu menguatkan tulang agar tidak mudah keropos, bahkan bisa membantu menjaga kesehatan kuku.

2. Menyembuhkan Radang Persendian

Bagi orang yang memiliki sakit atau peradangan di sekitar sendi, ceker ayam bisa membantu mengurangi rasa sakit karena peradangan tersebut. Karena ceker ayam memiliki kandungan zat hidroksiapatit yang bisa membantu menguatkan persendian dan menyembuhkan rematik.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ceker ayam juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Karena kandungan yang ada di dalam ceker ayam ini, bisa meningkatkan regenerasi sel kulit baru, menyembuhkan infeksi, memperbaiki kerusakan sel dan mengurangi nyeri.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat ceker ayam yang selanjutnya, yaitu bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit, karena ceker ayam memiliki kandungan mineral seperti tembaga, magnesium, fosfor, seng dan kalsium.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ceker ayam yang terakhir yaitu bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Karena banyaknya kandungan kolagen di dalam ceker ayam, bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah yang mencegah risiko penyakit jantung.

Anjuran Mengonsumsi Ceker Ayam

Resep Ceker Pedas
ilustrasi ceker/copyright Shutterstock

Memang benar ceker ayam memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tetapi ceker ayam ditutup dengan kulit ayam secara penuh, yang bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat, jika terlalu banyak mengonsumsi ceker.

Menurut sebuah penelitian, disarankan untuk mengonsumsi ceker ayam di bagian tulangnya saja, karena tulang ceker menyimpan berbagai macam nutrisi seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, glukosamin, asam hialuronat, kondroitin sulfat dan kolagen.

Sedangkan per 100 gram ceker ayam, mengandung kulit ayam yang memiliki 3,9gram lemak jenuh, yang setara dengan 20% kebutuhan lemak harian pada usia orang dewasa.

Cara Membersihkan Ceker Ayam

memisahkan tulang ceker ayam
Tips memisahkan tulang ceker ayam./Copyright shutterstock.com

Saat membeli ceker ayam, usahakan untuk membeli ceker yang sudah dicuci bersih oleh pedangan, dan ceker ayam masih terlihat segar. Kemudian sesampai rumah, cuci lagi ceker ayam sampai bersih dan rendam dengan air garam.

Setelah direndam selama beberapa menit, cuci ceker ayam dengan air mengalir, lalu hilangkan warna kuning yang menempel di jari ceker dan potong bagian kuku kira-kira sepanjang 1/2cm.

Terakhir cuci lagi dengan air mengalir sampai bersih, lalu rendam dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis, dan rebus ceker ayam sampai empuk untuk diolah menjadi olahan masakan yang lezat.

Lanjutkan Membaca ↓