Jangan Diumbar, Ini 5 Hal dari Dirimu yang Harus Dirahasiakan

Baiq Nurul Nahdiat03 Mei 2021, 09:50 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 09:51 WIB
perempuan spill

Fimela.com, Jakarta Beberapa hal lebih baik disimpan untuk diri kita sendiri daripada membagikannya kepada orang lain. Berbagi dan membuka masalah atau hal-hal pribadi lainnya kepada orang lain mungkin bukan langkah yang baik. Ada kemungkinan bahwa mereka mungkin menggunakan rahasia pribadimu untuk melawanmu, yang bisa mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan.

Agar hidupmu lebih tenang, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dirahasiakan dan disimpan sendiri. Ini dia ulasannya.

1. Mimpi dan Tujuan

Jika dirimu sudah menetapkan tujuan dan impian dalam hidup, hal terbaik untuk dilakukan adalah menyimpannya sendiri karena membagikannya kepada orang lain dapat memengaruhi sudut pandangmu terhadap tujuanmu atau bisa membuatmu bingung.

Ingatlah selalu bahwa kita tidak bisa mendapatkan nasehat atau pendapat yang sama dari orang lain karena sudut pandang setiap orang berbeda satu sama lain. Jangan terganggu dengan kritik atau komentar negatif orang lain dan cukup percaya diri untuk mencapai tujuan hidupmu.

2. Masalah Keuangan

tabungan bersama pasangan
Ilustrasi/copyright shutterstock/Dragon Images

Masalah yang sangat pribadi lainnya adalah keuangan. Apakah dirimu baru saja membeli rumah baru, mobil mewah, atau baru saja mendapat promosi di tempat kerja,dll. Terkadang dirimu mendengar orang dengan santai berbagi dengan orang terdekat bahwa mereka bangkrut, rumah mereka disita, pengembalian pajak, dsb. Jika dirimu mengomunikasikan barang-barang ini dengan teman/mitra, pastikan mereka menjaga komunikasi ini dengan sangat aman.

3. Masalah Keluarga

Semakin banyak dirimu berbagi dan terbuka tentang ini, semakin sulit dan rendah peluang untuk menyelesaikannya. Ini adalah kesalahan umum yang kita miliki sebagai pribadi. Masalah keluarga dimaksudkan untuk diperbaiki dan diselesaikan di dalam lingkungan keluarga dan tidak dimaksudkan untuk diungkapkan kepada orang lain.

Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dan pendapat tersebut akan membuatmu bingung. Jadi, percaya pada diri sendiri dan bersabarlah bahwa semuanya akan baik-baik saja karena itu juga bagian dari hidup.

4. Ketakutan dan Kelemahan Terbesar

perempuan cemas
Kenapa makin sering dihantui kecemasan?/Copyright shutterstock.com/g/vipubadee

Apakah dirimu memiliki kelemahan terbesar? Kita semua tahu bahwa masing-masing dari kita memiliki ketakutan dan kelemahan dalam hidup tetapi tidak peduli seberapa kecil atau besar itu atau apapun itu, kita dapat menghadapinya.

Namun, membagikan ini kepada orang lain atau meminta bantuan dari mereka bukanlah ide yang baik. Sejujurnya, ini mungkin digunakan untuk melawanmu terlepas dari seberapa dekat pertemananmu. Simpan ini untuk dirimu sendiri, yang perlu dilakukan hanyalah menghadapinya dengan keberanian.

5. Gosip

Jangan membagikan atau menggosipkan hal-hal yang didengar atau dilihat dari orang lain, terutama jika dirimu tidak terlalu yakin apakah itu benar atau tidak. Jika dirimu melakukan tindakan mengerikan ini, sama saja dengan menunjukkan bahwa dirimu adalah seorang yang tak bisa dipercaya.

Orang akan kehilangan kepercayaan dan mereka akan ragu untuk berbagi denganmu. Ada banyak hal yang lebih penting. Dan selalu ingat, setiap orang harus fokus pada masalah pribadinya, bukan masalah orang lain.

Tetapi hal ini bukan sepenuhnya tak boleh diceritakan pada siapa pun, dirimu boleh saja menceritakannya tetapi hanya pada orang-orang tertentu saja dan yang bisa dipercaya, misalnya keluarga, sahabat dekat atau pasangan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓