3 Tips Promosikan Bisnis yang Efektif Menjelang Lebaran

Gayuh Tri Pinjungwati04 Mei 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 10:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Momen menjelang Idul Fitri merupakan peluang besar bagi para pemilik usaha untuk meningkatkan penjualan berbagai jenis produk yang mereka jual. Jika Sahabat Fimela seorang wirausaha, tentunya dirimu juga perlu memahami strategi untuk mempromosikan produk agar menarik bagi calon konsumen. Beberapa di antaranya dengan menawarkan diskon besar, membuat promo berhadiah untuk pelanggan, dan menawarkan produk dengan harga termurah. Selain itu, beberapa sektor bisnis juga kerap memberikan voucher belanja gratis kepada pelanggan setia.

Padahal, promosi diskon besar-besaran memang menjadi salah satu trik paling jitu untuk menarik perhatian banyak pelanggan. Apalagi jika pelaku bisnis bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Tentunya strategi ini dapat membuahkan kesuksesan dalam proses penjualan. Namun, tidak semua pelaku usaha bisa melakukan promosi besar-besaran. Nah, jika dirimu ingin mengetahui solusi promosi yang efektif, yuk coba lebih lanjut tips di bawah ini.

Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Seperti kita ketahui, pelaku bisnis saling bersaing untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, terutama menjelang momen-momen spesial seperti hari Raya Idul Fitri. Contohnya termasuk para pebisnis di bidang otomotif yang memberikan layanan kendaraan gratis bagi pelanggannya. Hal ini juga terlihat pada jenis usaha lain seperti perusahaan telekomunikasi dan perusahaan perbankan yang memberikan program khusus Idul Fitri yang dapat diikuti oleh nasabah sebagai wujud rasa syukur atas loyalitas nasabah.

Nah, agar pelanggan merasa puas, dirimu juga bisa melakukan hal-hal sederhana yang bisa menjadi bentuk apresiasi kepada pelanggan. Misalnya dengan memberikan parsel kecil kepada mereka yang sudah menjadi pelanggan setia. Atau bisa juga mengadakan program-program seperti memberikan hadiah dari setiap produk-produk menarik dan mereka bisa berpartisipasi jika sudah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Sediakan Hal-hal yang Dibutuhkan Pelanggan

Single Berhijab
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Odua Images

Padahal, menjelang lebaran, penjualan biasanya akan meningkat. Oleh karena itu, dirimu perlu memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan omset penjualan bisnis. Salah satu cara sederhananya adalah dengan menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan pelanggan menjelang lebaran, misalnya seperti pre-order parsel lebaran. Selain itu, dirimu juga dapat memberikan layanan desain dan cetak kartu ucapan Idul Fitri yang dapat dikirimkan pelanggan kepada orang terdekatnya.

Karena pandemi Covid-19, orang tidak dapat mengunjungi kerabatnya. Ini membuat pengiriman paket menjadi cara yang efektif untuk tetap berhubungan satu sama lain. Sedangkan dari sektor bisnis sandang, dirimu juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menawarkan berbagai busana muslim dan perlengkapan ibadah yang akan dikenakan pelanggan pada hari raya Idul Fitri.

Tawarkan Promosi Menarik

Promosi akan berhasil jika sesuai dengan apa yang dicari konsumen. Oleh karena itu, dirimu juga perlu memberikan penawaran menarik bagi pelanggan. Misalnya dengan melaksanakan program buy 1 get 1 free untuk produk tertentu. Selain itu, dirimu juga bisa melakukan program pembersihan gudang untuk menjual produk yang sudah tidak diproduksi lagi atau dipesan ulang. Selain menarik pelanggan karena harga yang terjangkau, program pembersihan gudang juga membantumu untuk membelanjakan produk yang sudah lama tidak berhasil dijual.

Promosi bisa menjadi pilihan untuk memicu calon konsumen melakukan pembelian. Diantara ketiga cara promosi menjelang Idul Fitri tadi, manakah cara promosi yang paling efektif menurut Sahabat Fimela?

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓