Waspada! Virus Corona Varian dari India dan Afrika Selatan Ditemukan di Jakarta dan Bali

Vinsensia Dianawanti03 Mei 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 15:02 WIB
[Fimela] ilustrasi virus Corona

Fimela.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa mutasi virus corona dari India dan Afrika Selatan telah ditemukan di Indonesia.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu dari India ada dua insiden, dua-duanya di Jakarta," ungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers Senin (3/5) siang.

Sementara itu, ditemukan juga mutasi virus corona asal Afrika Selatan di wilayah Bali.

Sebelumnya sudah ada 13 insiden mutasi virus corona dari Inggris yang masuk ke Indonesia. Menurut Menkes Budi mutasi virus corona yang masuk ke Indonesia masuk ke dalam kategori variant of concern. Artinya mutasi-mutasi yang sangat diperhatikan WHO karena penularannya yang relatif lebih tinggi.

 

Langkah Menkes Budi

virus corona covid-19
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

"Ini yang harus kita jaga, mumpung masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif tinggi," ungkap Menkes Budi.

Ditemukan mutasi virus corona dari India dan Afrika Selatan, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengingatkan kembali agar masyarakat tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Menkes Budi pun mendesak untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 selagi mutasi virus corona belum semakin banyak. Indonesia sendiri sudah kedatangan bahan baku vaksin Corona dan hingga kini vaksinasi COVID-19 sudah mencapai 20 juta suntikan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓