Doa Niat Itikaf di Masjid pada 10 Malam Terakhir Ramadan

Baiq Nurul Nahdiat04 Mei 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 12:05 WIB
Doa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Memasuki 10 malam terakhir Ramadan, biasanya umat Muslim berbondong-bondong untuk beritikaf di masjid. Menurut hadis riwayat dari Aisyah RA, Rasulullah SAW akan mengencangkan ikat pinggang dan membangunkan keluarganya di 10 malam terakhir Ramadan.

Itikaf adalah berdiam di masjid dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Seperti yang dilakukan Rasulullah setiap bulan Ramadan beliau akan berdiam diri beribadah di masjid setiap malam hingga Ramadan berakhir.

Selama beritikaf, ibadah-ibadah sunah dapat dilakukan. Beberapa di antaranya seperti zikir, sholat malam, baca Alquran.

Syaratnya, ibadah dilakukan dengan berada di masjid besar dalam kurun waktu tertentu. Ukuran masjid yang bisa digunakan adalah yang biasa digunakan untuk salat Jumat.

Untuk Sahabat Fimela yang ingin beritikaf di 10 Ramadan terakhir, yuk jangan lupa lafalkann iat ini untuk membedakan antara itikaf dengan aktivitas mengobrol di masjid semalaman.

Niat Itikaf di Masjid

"Nawaitu an i’tikafa fi hadzal masjidi sunnatal lillaahi ta’ala."

Artinya,

Saya niat berdiam diri di dalam masjid, sunah karena Allah ta’ala.

Nah itulah bacaan niat iktikaf di masjid pada 10 malam terakhir Ramadan. Bagi Sahabat Fimela yang melaukan itikaf di masjid juga harus meerhatikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena kita masih dalam kondisi pandemi, yakni dengan membawa peralatan salat dan makan pribadi, mencucui tangan secara berkala, membawa desinfektan dan menghindari kerumunan.

 

Sumber: Dream.co.id

#ElevateWomen