4 Tanda Bahaya yang Dapat Memicu Gangguan Kecemasan dan Cara Mengatasinya

Gayuh Tri Pinjungwati05 Mei 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 09:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Gangguan kecemasan adalah jenis gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa takut, khawatir, atau cemas yang berlebihan. Gangguan ini meliputi serangan panik, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan stres pascatrauma. Gejala gangguan ini adalah stres berlebih, kekhawatiran terus-menerus, dan ketakutan, dan lainnya. Ada banyak cara di mana gangguan kecemasan berkembang. Jadi, berikut ini adalah tentang tanda bahaya yang dapat memincu gangguan kecemasan dan cara mengatasinya.

Kurangnya Kualitas Tidur

Banyak yang telah dibicarakan tentang tidur nyenyak selama 6-8 jam untuk pikiran dan tubuh yang sehat. Meskipun tidak banyak yang setuju dengan hal ini, namun, tidur dan kesehatan mental sangat erat kaitannya. Kurang tidur dapat sangat memengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan mental seseorang, yang menyebabkan masalah kecemasan. Seseorang harus mengawasi pola tidur mereka, dan mencari bantuan jika mereka menghadapi insomnia, mimpi buruk yang sering terjadi, dan lainnya. Mengetahui peringatan dini ini dapat membantu menghilangkan kemungkinan mengembangkan kecemasan.

Mempertimbangkan Hal-hal yang Berada di Luar Kendali

Dalam skenario saat ini, dengan pandemi yang berkecamuk, kita semua melakukan segala daya untuk menjaga diri kita dan orang yang kita cintai aman dari virus corona. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, meskipun telah dilakukan upaya terbaik, situasinya dapat memburuk dan dapat menyebabkan kecemasan. Pada saat-saat seperti itu, lebih baik berfokus pada situasi yang dihadapi daripada terus memikirkan hal-hal negatif. Ini akan membantu menciptakan sikap positif dan mengurangi kemungkinan timbulnya kecemasan.

Menekankan

gangguan mental
Depresi | Unsplash.com/ Paolao Chaaya

Salah satu penyumbang terbesar perkembangan gangguan kecemasan adalah stres. Dalam kehidupan sehari-hari, kita semua menanggung stres. Meskipun kita tidak dapat sepenuhnya menghilangkannya, namun kita harus tidak menjadi korbannya. Stres dan kecemasan berjalan seiring di mana yang satu mempertinggi gejala yang lain. Jika dirimu tiba-tiba mengalami gejala fisik mulai dari sakit kepala parah hingga pusing yang tidak dapat dijelaskan, inilah saatnya untuk mengambil napas dan fokus untuk menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh. Latihan pernapasan adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

Memanjakan Diri

Merawat pikiran dan tubuhmu dengan hari relaksasi dapat memberikan keajaiban dan juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya gangguan kecemasan. Jadi, ambillah hari libur dan manjakan diri dalam aktivitas yang dirimu sukai dan segarkan pikiranmu.

Menjaga kesehatan mental sangat penting terlebih jika dirimu mungkin telah lama bekerja dari rumah. Dirimu perlu untuk mengmabil waktu libur kerja untuk bersantai dan beristirahat dengan cukup.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓