Niat Mandi Sunah Idul Fitri dan Tata Caranya

Baiq Nurul Nahdiat12 Mei 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 14:15 WIB
Doa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Hanya tinggal menghitung hari, kita akan measuki tanggal satu Syawal atau Hari Raya Idul Fitri. Kita akan membuka Idul Fitri dengan Sholat Id. Ini merupakan ibadah sunah muakadah yang menjadi bagian dari syariat Islam. Semua Muslim dianjurkan keluar rumah dan menjalankan Sholat Id di masjid ataupun tanah lapang. Bahkan perempuan yang berhalangan disunahkan berada di dekat tempat Salat Id agar dapat mendengar khutbah saat salat Idul Fitri.

Sebelum melaksanakan Salat Id, ada beberapa sunah yang dianjurkan. Salah satunya, mandi sunah. Mandi sunah Idul Fitri dilakukan pada pagi hari baik sebelum ataupun sesudah sholat Subuh 1 Syawal. Caranya dengan menguyur seluruh bagian tubuh mulai kepala hingga ujung kaki.

Niat Mandi Sunah Idul Fitri

Sebelum mandi sunah, diawali dengan membaca niat ini.

Nawaitul ghusla li 'îdil fithri sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya, 

"Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunah karena Allah ta'ala."

Tata Cara Mandi Sunah Idul Fitri

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sama halnya dengan tata cara mandi wajib pada umumnya, tata cara mandi sunnah Idul Fitri ini yaitu siram seluruh tubuh menggunakan air bersih.Sebelum mengguyurkan air ke seluruh tubuh, maka langkah pertama yang dilakukan adalah membaca niat mandi sunnah shalat Idul Fitri dengan sungguh-sungguh untuk mengharap berkah dari Allah SWT.

Setelah itu, siram seluruh tubuh menggunakan air bersih yang mengalir mulai dari atas ke bawah. Lalu setelah itu, dimulai kembali dari kanan hingga anggota badan yang berada di sebelah kiri. Setelah selesai, kemudian dapat dilanjutkan dengan mandi. 

Demikianlah niat mandi sunah idul fitri dan tata caranya. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓