5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur, Bisa Menguras Banyak Energi

Imelda Rahma12 Mei 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 09:35 WIB
Makanan

Ketika berpuasa, konsumsi makanan yang tepat pada sat sahur merupakan kunci untuk tetap bertenaga saat puasa. Konsumsi makanan yang tak tepat bisa membuat tenaga jadi tak optimal dan perut mudah lapar.

Banyaknya, orang kurang memperhatikan kebutuhan makanan yang perlu mereka konsumsi. Mereka hanya memilih untuk makan secara sembarangan asal perut tetap kenyang.

Sejumlah makanan ini tanpa disadari bisa menguras energi seharian ketika dikonsumsi saat sahur. Nah, ada baiknya jika kamu tahu jenis makanan apa saja yang sebaiknya kamu hindari saat sahur agar puasa menjadi tidak terganggu.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur karena dapat menguras banyak energi. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Makanan yang Terlalu Manis

Makanan yang Terlalu Manis
Ilustrasi Makanan Manis Credit: pexels.com/Lilith

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi sering menjadi favorit banyak orang pada saat sahur. Namun sayangnya keberadaan gula ini hanya memberi dorongan tenaga selama sesaat dan malah membuat energi terkuras setelahnya.

Makanan dengan rasa manis yang kuat sebaiknya dihindari ketika sahur. Beberapa bentuk makanan dan minuman manis seperti permen, minuman berenergi, serta minuman bersoda merupakan jenis yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Gorengan

Gorengan
Ilustrasi Gorengan Credit: pexels.com/Daniela

Gorengan memiliki kandungan lemak yang tinggi dan sulit dicerna tubuh. Makanan ini membutuhkan lebih banyak gula darah dan energi untuk mencernanya sehingga membuat tubuh cepat lelah dan kehilangan energi.

Konsumsi gorengan dan makanan berlemak ini juga bisa meimbulkan rasa ngantuk. Hal ini terjadi karena menurunnya aliran darah pada tangan dan kaki.

Daging

Daging
Ilustrasi Daging Credit: pexels.com/Lukas

Sama dengan gorengan, daging merah juga membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna. Daging merah mengandung banyak lemak dan akan menguras banyak energi tubuh untuk mencernanya.

Disarankan untuk mengonsumsi daging ketika berbuka puasa. Namun ketika dikonsumsi pada pagi hari saat sahur, makanan ini malah akan membuat energi terkuras di siang hari.

Kopi

Kopi
Ilustrasi Kopi Credit: pexels.com/Kevin

Kopi merupakan minuman yang harus dihindari pada saat sahur karena bisa menguras energi. Dorongan energi yang diberikan oleh kafein bisa buat energi meningkat secara pesat namun kemudian menukik kemudian.

Selain itu, minuman ini juga memiliki sifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini bakal membuat kamu lebih mudah haus pada siang hari ketika berpuasa.

Makanan Rendah Zat Besi

Makanan Rendah Zat Besi
Ilustrasi Makanan Rendah Zat Besi Credit: pexels.com/Devia

Makanan rendah zat besi sebaiknya dihindari ketika sahur. Sebaliknya, kamu disarankan mengonsumsi makanan tinggi zat besi agar tidak merasa lelah dan lesu saat berpuasa.

Konsumsi makanan rendah zat besi justru bakal membuatmu menyerap nutrisi secara sempurna dari makanan. Keberadaan zat besi sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap energi dari makanan. Kamu disarankan untuk emngonsumsi makanan tinggi zat besi seperti bayam dan kacang-kacangan.

Sejumlah makanan tersebut sebaiknya dihindari pada saat sahur. Konsumsi makanan yang tepat saat sahur bisa menjadi kunci puasa tetap berjalan lancar.

Lanjutkan Membaca ↓