5 Manfaat Membayar Zakat Fitrah yang Bagi Umat Muslim

Gayuh Tri Pinjungwati12 Mei 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 10:15 WIB
zakat

Fimela.com, Jakarta Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam, ini adalah jumlah yang harus diberikan oleh seorang Muslim dari kekayaannya pada akhir setiap tahun. Tahun keuangan Islam dimulai pada akhir Ramahan dan berakhir pada awal Ramadan berikutnya. Umat ​​Muslim diwajibkan untuk memberikan 2,5% dari kekayaan yang mereka miliki untuk seluruh tahun keuangan Islam kepada orang yang kurang mampu dan yang membutuhkan. Namun, itu hanya terbatas pada mereka yang memiliki sarana dan kemampuan keuangan. Seperti semua bentuk ibadah lainnya dalam Islam, ada banyak manfaat yang menyertainya. Manfaat ini dapat membawa kita pada keselamatan kita di akhirat, tetapi ada pahala lain yang dapat dimanfaatkan seseorang dalam kehidupan ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari membayar zakat.

Mensucikan Kekayaan

Zakat bertindak sebagai sumber penyucian kekayaan seseorang. Orang yang membayar zakat dinaikkan dalam barakah oleh Allah SWT. Kekayaannya akan diterima oleh Allah dan akan menjadi sumber berkah di dunia ini dan keselamatan di akhirat

Menambah Rezeki

Zakat pada dasarnya berarti bertumbuh dan meningkat. Seseorang yang membayar zakat dengan adil dan konsisten ditingkatkan lebih banyak hartanya dan rezekinya oleh Allah SWT.

Mensejahterakan Masyarakat

Ilustrasi zakat.
Ilustrasi zakat. (Shutterstock)

Zakat meratakan pendapatan di masyarakat secara seimbang dan aliran uang di masyarakat menjadi stabil. Tanpa zakat, yang kaya akan semakin kaya dengan mengumpulkan lebih banyak kekayaan sementara yang miskin semakin miskin. Dengan zakat, kelebihan kekayaan orang kaya dibagikan di antara orang kurang mampu.

Memberantas Kemiskinan

Karena zakat dibayarkan kepada orang miskin dan membutuhkan, dapat membantu mengentaskan kemiskinan di masyarakat. Jika orang mengeluarkan zakat seperti yang diminta oleh Allah SWT, kemiskinan akan diberantas.

Mencegah Resesi

Membayar zakat adalah cara pasti untuk menghentikan resesi dalam perekonomian. Zakat adalah sistem bebas bunga dan dengan demikian bertindak sebagai penyangga fluktuasi ekonomi yang sebaliknya mengarah pada resesi.

Sebagai muslim, tidak ada ruginya kita membayar zakat. Kita cenderung berada di bawah rahmat Allah SWT di dunia ini dan di akhirat dan kita juga bisa menuai pahala.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓