Jalani Adaptasi Kebiasaan Berpuasa, Makanan Begizi dan Air Mineral Berkualitas Itu Penting buat Keluarga

Wuri Anggarini06 Mei 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 10:00 WIB
Jalani Adaptasi Kebiasaan Berpuasa, Makanan Begizi dan Air Mineral Berkualitas Itu Penting buat Keluarga

Fimela.com, Jakarta Datangnya bulan Ramadan memang selalu disambut dengan penuh keceriaan. Keinginan untuk memperbaiki diri dengan meningkatkan kualitas ibadah menjadi motivasi tersendiri bagi umat Muslim yang merayakan. Tapi, tentu saja hal ini penuh tantangan karena tubuh juga dituntut untuk tetap produktif menjalankan berbagai kesibukan sehari-hari.

Buat ibu di rumah, tantangannya mungkin jadi dobel nih karena harus memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk memastikan keluarga bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar. Ternyata, menu makanan bergizi dan air mineral berkualitas jadi kuncinya, lho.

Perlindungan Itu Dimulai dari Rumah

Jalani Adaptasi Kebiasaan Berpuasa, Makanan Begizi dan Air Mineral Berkualitas Itu Penting buat Keluarga
(c) Shutterstock

Berpuasa di tengah kondisi pandemi memang jadi tantangan tersendiri. Para ibu perlu lebih proaktif mencari cara untuk melindungi diri dan keluarga agar ibadah lancar dan dapat meraih berkah di bulan Ramadan. Nah, tahukah kamu kalau perlindungan itu berawal dari rumah?

Yup, dengan memastikan asupan sahur bergizi seimbang, keluarga bisa menjalani puasa di tengah padatnya kegiatan sehari-hari dengan lancar. Situs Kesmas.kemkes.go.id milik Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur dan mengurangi makanan berlemak karena bisa menyumbat pembuluh darah. Aliran oksigen ke otak berkurang dan menyebabkan gampang mengantuk.

Sementara itu, ketika berbuka disarankan memilih menu bergizi seimbang dan mengurangi makanan manis, asin, dan berlemak untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kementerian Kesehatan RI juga menyarankan untuk mengonsumsi 8 gelas air per hari selama berpuasa.

Asal Memilih Air Saat Memasak Ternyata Menyimpan Bahaya Tersembunyi

Jalani Adaptasi Kebiasaan Berpuasa, Makanan Begizi dan Air Mineral Berkualitas Itu Penting buat Keluarga
(c) Shutterstock

Pemilihan menu makanan memang penting untuk mendukung puasa keluarga tetap lancar dan sehat. Namun, pernah nggak sih ibu memperhatikan cara memasak makanan yang disajikan untuk keluarga? Banyak komponen bahan masakan yang nggak boleh asal pilih, salah satunya air.

Penting bagi ibu memilih air berkualitas dan terlindungi dari sumbernya. Peran air sangat penting, selain menjaga hidrasi tubuh, ternyata juga bisa membantu menjaga asupan nutrisi makanan yang dimasak agar tetap seimbang. Bahkan, menurut Pakar Kimia Pangan IPB Dr. Dian Herawati, memasak dengan sembarang air bisa meningkatkan risiko tercemar logam berat, lho.

“Logam berat merupakan salah satu cemaran yang sering ditemukan dalam air akibat sumur, atau sumber air yang tercemar aktivitas manusia atau dari instalasi pipa dan keran air yang tidak baik. Logam berat tidak dapat hilang walaupun air direbus hingga mendidih, justru konsentrasinya dapat meningkat. Dalam jangka panjang, keracunan logam berat dilaporkan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguan organ vital, Alzheimer bahkan kanker,” jelas Dian.

Beberapa bahan makanan juga perlu diperhatikan teknik memasaknya. Misalnya saja sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin larut air atau mudah rusak karena panas sebaiknya tidak terlalu lama dimasak karena kandungan nutrisinya dapat hilang.

Jadi, penting buat para ibu memilih air yang tepat saat memasak. Pastikan gunakan selalu air mineral yang terlindungi dan bersertifikasi oleh lembaga berwenang di Indonesia, seperti AQUA yang menjamin sumber airnya terlindungi, kandungan mineral alaminya tetap terjaga dan prosesnya bahkan tidak tersentuh tangan manusia agar air yang dikonsumsi keluarga di rumah tetap mengandung kebaikan alam.

Lindungi Masakan Ibu dengan Air Mineral Berkualitas

Memasak menggunakan air mineral berkualitas dapat menjaga gizi dan kualitas makanan yang dimasak untuk sahur dan berbuka tetap berkualitas dengan baik, terutama pada sayuran. Mineral yang terdapat pada AQUA dapat mencegah sayuran berubah warna menjadi hijau kecokelatan akibat paparan suhu tinggi akibat direbus. Hal ini karena kandungan mineral AQUA menciptakan pH yang tepat untuk menjaga pigmen alami dalam sayuran sehingga tampilannya tetap segar.

Selain itu, memasak dengan air mineral juga dapat mempersingkat waktu masak karena sifat koligatif larutannya. Jadi, sayur yang direbus dengan air mineral seperti AQUA jadi lebih cepat matang, memiliki warna yang segar dan tetap terjaga kandungan nutrisinya. AQUA juga aman dari kandungan logam berat berbahaya sehingga lebih memberikan rasa aman bagi Ibu dalam mempersiapkan hidangan sehat bagi keluarga.

Jalani Adaptasi Kebiasaan Berpuasa, Makanan Begizi dan Air Mineral Berkualitas Itu Penting buat Keluarga
Credit: Instagram/sehataqua

Ibu di rumah bisa memastikan kandungan nutrisi dalam makanan untuk sahur dan berbuka tetap terlindungi secara optimal. Dengan memilih AQUA air mineral berkualitas untuk memasak, bisa menjaga warna sayur, hingga memperlambat terjadinya reaksi oksidasi saat memasak daging. Hasilnya, masakan lebih sehat, terjaga nutrisinya, dengan tampilan yang mengundang selera.

“Menjaga makanan tetap bergizi sekaligus meningkatkan penampilannya merupakan tantangan yang cukup berat, terlebih di bulan suci ini. Maka dari itu AQUA selalu hadir untuk memastikan Anda terlindungi lewat air mineral berkualitas,” ujar Irma Oktaviani, Sr. Brand Manager AQUA.

Karena itu, AQUA berkomitmen untuk selalu menjaga kebaikan air mineral alami dari sumber air yang terjaga agar keluarga bisa tetap terlindungi dan meraih kemenangan di bulan Ramadan.

Lanjutkan Membaca ↓