7 Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis setelah Puasa

Baiq Nurul Nahdiat06 Mei 2021, 14:05 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 14:05 WIB
ramadan perempuan hijab

Fimela.com, Jakarta Salah satu kebiasaan buruk setelah berpuasa sebulan penuh ialah tidak bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi. Karena merasa selama sebulan penuh makanan dibatasi, sehingga setelah lebaran banyak yang tak memerhatikan pola makannya dan semaunya, padahal ini belum tentu baik untuk kesehatan dan berpengaruh pada meningkatnya berat badan. Agar berat badan tidak naik drastis saat puasa, lakukan hal berikut ini.

1. Pastikan makan dengan porsi kecil

Menelan makanan besar dan berat sekaligus dapat menyebabkan masalah pencernaan. Lebih baik, konsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering, itu akan memudahkan mencerna makanan dan juga merangsang metabolisme tubuh.

2. Pilih makanan yang dimasak dengan cara yang sehat

Makanan yang digoreng mungkin menarik selera, tetapi tidak banyak manfaatnya bagi tubuh. Gantilah dengan makanan yang telah dipanggang dengan sedikit minyak, dikukus dan sedikit menggunakan bahan kimia penyedap rasa.

3. Konsumsi makanan rendah garam

rempah-kezo
ilustrasi garam/ monicore/pexels

Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan garam tidak baik untuk. Jangan pernah menambahkan garam; sebaliknya, pilih bumbu dan rempah-rempah seperti kemangi, peterseli, rosemary, bubuk ketumbar, merica, cabai, dan jus lemon. Hentikan penggunaan susu kental manis dalam jumlah banyak dan berhati-hatilah dengan gula saat membuat camilan manis.

4. Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging

Perayaan labaran identik dengan makanan non-vegetarian, tetapi pastikan itu tidak menjadi bagian utama sebagai menu makananmu. Daging sulit dicerna dan memiliki banyak kalori; coba dan pilih potongan yang lebih ramping dan hindari makan terlalu banyak.

5. Perbanyak makan buah dan sayuran

Salad sehat yang menyatukan berbagai buah dan sayuran segar sangat bergizi dan mengenyangkan. Bereksperimenlah dengan selada, tomat, paprika, mentimun, lobak, wortel, dan jagung manis. Gunakan buah-buahan - apel, pir, jeruk, pepaya atau delima, untuk menambahkan sedikit rasa manis.

6. Hindari minuman berkarbonasi

Minuman Bersoda
Ilustrasi Minuman Bersoda Credit: pexels.com/Jim

Minuman bersoda adalah kalori kosong, kita tahu, tetapi masih terus mengonsumsinya karena rasanya yang enak dan manis. Sebaiknya, siapkan minuman yang lebih sehat, seperti teh hijau, air infus, atau air kelapa sebagai gantinya.

7. Jalan-jalan ke luar rumah

Meskipun saat lebaran dirimu tidak memiliki waktu untuk berolahraga berat, pastikan untuk berjalan-jalan. Jalan pagi atau sore hari akan membuatmu tidak merasa kenyang dengan mencerna makanan dengan lebih baik.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan dan menjaga berat badan setelah puasa juga bisa dengan cara mengatur pola tidur yang baik, kurangi makanan yang manis dan tetap melakukan olahraga secara teratur.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓