Selain Baju Baru, 7 Hal Ini yang Harus Dipersiapkan sebelum Lebaran

Baiq Nurul Nahdiat06 Mei 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 16:05 WIB
Ramadan Kali Ini Memang di Rumah Saja, Tapi Banyak Cara Bikin Momen Makin Berwarna

Fimela.com, Jakarta Menjelang lebaran, kebanyakan dari kita hanya disibukkan dengan mencari pakaian baru yang akan dikenakan pada saat lebaran nanti. Padahal, ada banyak hal lainnya yang penting dari hal itu, misalnya menghubungi teman terdekat, menjalin silaturahmi dengan tetangga dan sebagainya. Jadi, berikut ini adalah beberapa hal yang penting lainnya yang harus dipersiapkan menjelang lebaran.

1. Menyiapkan hadiah

Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan berbagi, jadi sebelum lebaran sebaiknya persiapkan beberaa hadiah yang akan dibagikan kepada anak-anak. Misalnya dengan membungkus permen, cokelat atau beberapa buku cerita kesukaan anak-anak untuk dibagikan pada hari lebaran.

2. Dekorasi lebaran

Sangat menyenangkan untuk memperindah rumah bersama keluarga. Dekorasi tidak perlu terlalu mewah. Dirimu bisa menemukan banyak sekali tutorial DIY tentang cara membuat lentera dari kertas, misalnya. Jika tidak punya waktu, dirimu dapat menggunakan kembali dekorasi lama dari Ramadan dan perayaan Idul Fitri tahun lalu.

3. Persiapkan menu lebaran

Doa Berbuka Puasa Ganti (Qadha)
Ilustrasi Membaca Doa Berbuka Puasa Credit: shutterstock.com

Sudah menjadi kebiasaan untuk mengatur semua makanan untuk Idul Fitri sebelum hari lebaran. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir tentang memasak makanan sepanjang harii. Selanjutnya, konfirmasikan untuk bangun pagi agar memiliki cukup waktu untuk membuat makanan segar untuk orang-orang di komunitas, teman, dan keluarga.

4. Menyiapkan pakaian lebaran

Pilih pakaian paling sederhana plus terbaru untuk merayakan Idul Fitri. Tidak perlu yang mewah, selama bersih danmerasa nyaman. Dan jangan lupa untuk memastikan agar tubuh tetap bersih dan wangi.

5. Terhubung kembali dengan teman-teman

ramadan memaafkan perempuan hijab
ilustrasi/shutterstock.com/Yuttana Jaowattana

Undanglah teman-teman untuk berbagi perayaan bersama dengan mereka baik bersama keluarga, jika anda merasa nyaman, atau ke acara komunitas. Terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari keluarganya, akan sangat berarti jika bisa merasakan suasana berkumpul dengan orang-orang terdekat.

6. Terhubung dengan tetangga

Selama berkehidupan sosial, mungkin kita tidak luput dari beberapa kesalahan, khususnya pada tetangga terdekat. Jadi lebaran adalah momen yang sangat tepat untuk menjalin hubungan yang baik dengan tetangga dan orang sekitar.

7. Nikmati waktu yang berkualitas

Hal terpenting untuk diingat adalah dirimu harus bersantai dan menikmati hari ini. Jangan stres tentang pekerjaan atau sekolah. Bahkan, sebaiknya dirimu harus mengambil cuti sejenak pada Idul Fitri 2021 ini. Jadi, gunakanlah masa-masa lebaran untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Hal terpenting saat perayaan Idul Fitri adalah kembali pada fitrah, dengan saling memaafkan dengan sesama dan memohon kepada Tuhan agar diampuni segala dosa yang sudah diperbuat. Selamat menjelang lebaran, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓