Meski Belum Bisa Berjumpa Langsung saat Lebaran, Masih Ada Ruang untuk Saling Mendoakan

Endah Wijayanti12 Mei 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 12:15 WIB
ramadan 2021 dan saling mendoakan

Fimela.com, Jakarta Karena situasi yang masih pandemi, Lebaran kali ini sebagian besar di antara kita tidak bisa mudik atau berjumpa langsung dengan orang-orang terkasih. Meski begitu demi kebaikan bersama, memang pilihan untuk sementara berjarak adalah hal yang bijak. Meski belum bisa saling tatap muka secara langsung dan berpelukan, masih ada ruang untuk bisa saling mendoakan.

Tidak ada batasan ruang dan waktu untuk saling mendoakan. Kita bisa tetap menghadirkan ketenngan melalui doa-doa yang kita sampaikan. Meski mungkin ada kesedihan karena tak bisa berjumpa langsung dengan keluarga, kerabat, saudara, atau mungkin pasangan pada Lebaran kali ini, kita masih bisa saling terhubung melalui doa.

Doa adalah Penolong

Mengutip buku Kosakata Keagamaan, doa dalam istilah agamawan adalah permohonan hamba kepada Tuhan agar memperoleh anugerah pemeliharaan dan pertolongan, baik buat si pemohon maupun pihak lain. Selain itu, doa adalah permohonan secara umum, baik guna memperoleh yang positif maupun menghindar dari yang negatif. 

Di tengah situasi sulit dan tak bisa berjumpa langsung dengan orang-orang terkasih untuk saling meminta maaf di hari raya Idul Fitri, kita masih bisa saling mendoakan. Doa akan menjadi penolong dan penguat tersendiri untuk diri kita. Doakan yang baik-baik untuk orang-orang tercinta kita agar kita senantiasa dalam perlindungan dan pertolongan Allah SWT. 

Silaturahmi Masih Bisa Dijaga dengan Berbagai Cara

ramadan 2021 dan video call orangtua
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Golfmhee

Kita sepatutnya masih bersyukur karena hidup di era teknologi sekarang ini. Kita masih bisa bersilaturahmi dan bertukar kabar melalui telepon atau panggilan video. Walau fisik  berjauhan, tapi komunikasi bisa tetap dekat dengan bantuan teknologi. Kita masih bisa bertatap muka lewat layar atau monitor dan saling mendoakan untuk saling menguatkan satu sama lain.

Doa Bisa Menjadi Jembatan Penghubung yang Kuat

Ada hati yang bisa tetap saling terhubung karena ada doa-doa yang dialirkan. Yakin saja bahwa semua yang terjadi saat ini mengandung hikmah. Yakin saja bahwa kita bisa melewati masa-masa sulit ini bersama-sama. Meski tidak mudah, tapi yakin saja keadaan bisa segera membaik dalam waktu dekat.

Semoga orang-orang terkasih kita senantiasa dalam keadaan sehat, ya. Semoga pada hari yang suci ini kita semua juga bisa mendapat keberkahan dan kebahagiaan. Tetap alirkan doa-doa baik baik untuk diri kita maupun untuk orang lain. Ruang untuk berdoa sungguhlah tidak ada batasnya.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓