Lebih dari Cinta, 5 Tanda Hubungan yang Layak Dipertahankan

Endah Wijayanti06 Mei 2021, 14:35 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 14:35 WIB
perempuan dan hubungan dipertahankan

Fimela.com, Jakarta Mempertahankan dan memperjuangkan sebuah hubungan tidak selalu mudah. Menjaga keutuhan cinta butuh upaya yang besar. Ada yang bilang cinta saja tidak cukup. Butuh lebih dari cinta untuk memastikan sebuah hubungan layak dipertahankan.

Ada beberapa tanda umum yang bisa dijadikan tolok ukur hubungan yang layak diperjuangkan. Apabila dalam hubungan ada hal-hal ini, maka bisa jadi ada sinyal baik untuk tetap mempertahankannya. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Saling Memberi Privasi yang Cukup

Melansir laman stopthehurt.org, dalam sebuah hubungan yang sehat, kedua pasangan mengerti dan menghormati kebutuhan adanya kebebasan dan waktu untuk diri sendiri. Serta, tidak ada rasa bersalah ketika bisa menikmati waktu untuk diri sendiri. Saat masih ada keterbukaan untuk memberi privasi yang cukup, misalnya untuk menekuni hobi masing-masing atau bersosialisasi dengan sahabat pada waktu tertentu, maka ini bisa jadi sinyal baik hubungan yang layak dipertahankan.

2. Adanya Komunikasi yang Terbuka

Kamu dan pasangan bisa meluangkan waktu berdua untuk mengobrol dengan santai dan terbuka, ini pun tanda positif. Adanya komunikasi yang nyaman dan terbuka adalah salah satu kunci penting hubungan yang sehat. Setidaknya dengan adanya komunikasi yang terbuka,  bisa makin menguatkan dan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap satu sama lain.

3. Masih Ada Ruang untuk Jadi Diri Sendiri

pasangan cinta zodiak
ilustrasi./Photo by Kate Nuzhnaya on Unsplash

Bersamanya kamu masih bisa menjadi dirimu sendiri. Dia pun masih bisa nyaman menjadi dirinya sendiri saat berada di dekatmu. Masih ada ruang untuk bisa jadi diri sendiri adalah pertanda baik. Memang perlu komitmen bersama dan keselarasan dalam hubungan, tapi penting juga menyeimbangkannya dengan bisa tetap jadi diri sendiri untuk menjalani kehidupan yang bermakna. 

4. Ada Kebahagiaan dan Kehangatan yang Dirasakan Bersama

Ini sebuah tanda yang sangat bagus. Selama bisa merasakan kebahagiaan dan kehangatan dalam hubungan, maka hubungan tersebut sangat layak untuk tetap dipertahankan. Walau tak mudah dan mungkin akan dihadapkan pada konflik-konflik baru, tapi bila masih bisa selalu menemukan kebahagiaan maka hubungan masih bisa dijalani. Jika dengan bersamanya kamu bisa lebih banyak tersenyum dan tertawa, maka itu sudah jadi sebuah tanda positif.

5. Ada Perubahan yang Lebih Baik dalam Hidupmu

Kualitas hubungan bisa memengaruhi kualitas kehidupan pribadimu. Jika dalam menjalin hubungan dengan seseorang ada perubahan yang lebih baik dan positif yang terjadi, maka ini pertanda hubungan masih sangat layak untuk dipertahankan. Bersama seseorang yang tepat, hubungan bisa mengarah ke arah yang lebih positif.

Semoga hubungan yang kamu jalani ini saat ini bisa senantiasa harmonis dan langgeng ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓