4 Negara di Dunia yang Memiliki Tradisi Unik untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Gayuh Tri Pinjungwati13 Mei 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 16:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Akhir bulan Ramadan yang penuh keberuntungan dan awal Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Bulan sabit pada hari Idul Fitri menandai akhir bulan suci Ramadan dan mengonfirmasi dimulainya perayaan Idul Fitri. Dan prediksi sudah dimulai kapan Idul Fitri akan jatuh di negara masing-masing.

Namun aura kemeriahan yang dirasakan sepanjang bulan suci Ramahan mencapai puncak kemeriahan di awal hari raya Idul Fitri. Muslim berdandan dengan pakaian baru di seluruh dunia dan bertukar hadiah, mengunjungi keluarga, dan tentu saja menikmati makan bersama keluarga. Selain perayaan biasa, setiap negara memiliki tradisi Idul Fitri yang unik seperti berikut ini.

Makanan Idul Fitri Indonesia

Dikenal sebagai lebaran, Indonesia merayakan Idul Fitri dengan gaya megah. Orang membuat kue lapis tradisional yang disebut lapis legit. Melakukan takbir keliling dengan menyalakan obor dan menyalakan petasan. Tentu saja, pusat perbelanjaan dipenuhi orang-orang untuk berbelanja di saat-saat terakhir. Selain itu, mereka akan mengunjungi kerabat mereka bahkan yang jauh sekali pun yang kita sebut dengan mudik ke kampung halaman.

Idul Fitri di Malaysia

Orang Malaysia merayakan momen yang benar-benar menggembirakan ini dengan melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka pada hari sebelum Idul Fitri. Tentu sehari sebelum lebaran akan menjadi waktu tersibuk bagi mereka karena mereka akan terlibat dalam mendekorasi rumah mereka dengan pelita (lampu minyak) dan menyiapkan hidangan tradisional. Ketupat, lemang, dan hidangan lainnya, adalah makanan yang populer. Rumah-rumah ini terbuka untuk semua orang untuk menikmati makanan enak dan waktu yang menyenangkan.

Idul Fitri di Saudi

Persiapan Lebaran Warga Pakistan
Perempuan Pakistan membeli perhiasan saat berbelanja menjelang festival Idul Fitri mendatang di tengah pandemi corona Covid-19, di Rawalpindi, pada 5 Mei 2021. Pusat perbelanjaan ramai oleh warga Pakistan yang berbelanja aneka kebutuhan untuk menyambut Lebaran. (Farooq NAEEM / AFP)

Pada kesempatan Idul Fitri, warga Saudi berbagi kegembiraan melalui sejumlah acara meriah dan kegiatan rekreasi. Negara ini didekorasi dengan mewah sebagai bagian dari perayaan Idul Fitri. Keluarga dan teman biasanya berkumpul untuk makan dan sebelum disajikan, anak-anak keluarga biasanya berdiri di depan setiap anggota keluarga dewasa yang memberikan THR kepada anak-anak.

Ada satu lagi tradisi unik tentang Idul Fitri di Arab Saudi, yakni penduduk setempat meninggalkan beras dalam jumlah besar dan barang-barang lainnya secara anonim di gerbang mereka yang kurang beruntung.

Idul Fitri di UEA

Orang Emirat merayakannya dengan Ouzi, hidangan lokal penting yang disiapkan khusus untuk perayaan tersebut. Ini adalah hidangan yang dimasak lama di mana daging kambing yang lezat dicampur dengan nasi dan dihiasi dengan kacang pinus goreng. Selain itu, negara ini menyelenggarakan acara dan pertunjukan budaya yang luar biasa seperti trik sulap, taman bertema yang didekorasi, pertunjukan tari, dan lainnya. Seluruh UEA menyambut perayaan baru dengan ratusan acara selama periode perayaan.

Nah, berikut tadi adalah beberapa tradisi lebaran yang ada di beberapa negara di dunia. Meskipun di tengah pandemi, tetap jaga kesehatan dan jangan mudik terlebih dahulu, mari kita jaga orang tercinta dari virus berbahaya ini.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓