Arti Barakallah Fiikum dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kezia Prasetya Christvidya06 Mei 2021, 13:11 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 13:21 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Arti Barakallah Fiikum secara umum adalah mengucapkan doa dan harapan untuk orang lain. Kalimat ini berasal dari kata Barakallahu dan Fiik, yang diambil dari bahasa Arab.

Kalimat Barakallahu Fiik ini sering diucapkan oleh umat Islam, dengan pelafalan dan pengucapan bahasa Arab. Ucapan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mendoakan dan memberi harapan baik untuk orang lain.

Arti Barakallah Fiikum yang sesungguhnya adalah semoga Allah memberkahimu, sehingga bisa diterapkan untuk mendoakan teman, kerabat atau keluarga agar selamat, sehat, bahagia, lancar rezeki dan semacamnya.

Untuk memahami arti Barakallah Fiikum lebih lanjut, berikut arti Barakallah Fiikum dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari Liputan6.com:

Arti Barakallah Fiikum

Berdoa
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Barakallah (بارك الله) memiliki arti barakah Allah, atau bisa juga diartikan berkah dari Allah. Penulisan Ba’ seharusnya ditulis panjang seperti baarakallah. Namun hal ini tidak dijadikan masalah, asalkan penulisan dalam bahasa Arab ditulis dengan benar.

Menurut para ulama, barakah (باركة) memiliki arti bertambahnya kebaikan. Dalam bahasa Indonesia, kara Barakah diserap menjadi kata berkah. Tetapi kata Barakah juga masih digunakan sampai sekarang.

Sehingga saat kita melakukan sesuatu yang menambah kebaikan kita, atau bisa diartikan dengan satu kejadian membuat kebaikan kita bertambah, maka bisa disebut dengan barakah. Salam yang sering diucapkan oleh umat Muslim ini, memiliki makna untuk mendoakan agar Allah memberi keselamatan, rahmat dan barakah-Nya.

Di dalm Al-Quran dan Hadits juga ditulis tentang janji Allah kepada penduduk negeri yang beriman dan bertaqwa, dalam QS. Al A’raf: 96

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.”

Arti Barakallahu Fiik dengan Tujuan Jelas

Panduan Tata Cara Puasa Ganti (Qadha)
Ilustrasi Membaca Doa Credit: freepik.com

Setelah mengetahui makna dari Barakallah Fiikum, kita harus mengucapkan doa dan ucapan tersebut dengan tujuan yang jelas. Penyebutan kata Fiik ini memiliki tiga maksud yang berbeda dan ditujukan untuk orang yang berbeda.

Kata Fiikum ditujukan untuk kalian atau banyak orang, kata Fiika ditujukan untuk kaum lelaki, dan untuk kata Fiiki ditujukan untuk kaum perempuan.

Sehingga saat mengucapkan Barakallahu Fiik dengan tujuan yang jelas, doa tersebut bisa ditujukan dengan jelas, serta doa yang diucapkan bisa sampai kepada yang didoakan.

Jika ditulis atau diucapkan dengan lengkap dan artinya, maka akan menjadi sebagai berikut:

  • Arti Barakallahu Fiik adalah semoga Allah memberkahimu.
  • Arti Barakallahu Fiikum adalah semoga Allah memberkahi kalian.
  • Arti Barakallahu Fiika adalah semoga Allah memberkahimu wahai lelaki.
  • Arti Barakallahu Fiiki adalah semoga Allah memberkahimu wahai perempuan.

Keutamaan Mengucapkan Barakallah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Doa Sesudah Sholat Tarawih
Ilustrasi Kitab Al Qur’an Credit: pexels.com/Abdulmeilk

Diucapkan Saat Bertemu Sahabat atau Kerabat

Menurut riwayat hadis, para sahabat Nabi, seperti yang dilakukan Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari, mereka saling mengucapkan “barakallah".

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Kalimat tersebut memiliki arti, semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu (HR. Bukhari)

Mendoakan Kesuksesan Orang Lain

Saat bertemu dengan keluarga, teman atau kerabat yang sedang sukses, kamu juga bisa mengucapkan dan mendokan Barakallah kepada mereka yang sukses, untuk mendoakan keberkahan atas kesuksesan yang mereka alami.

Mendoakan Orang yang Melahirkan

Pengucapan Baarakallah juga bisa ditujukan untuk orang yang sedang melahirkan. Kalimat ini bisa mendoakan kebaikan, untuk orang tua yang baru saja memiliki anak dan anak yang baru saja lahir. Kamu bisa mengucapkan dengan kalimat seperti ini:

Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu.

Arti dari kalimat tersebut adalah semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.

Sedangkan kalau keluargamu mendapatkan ucapan tersebut, maka bisa dibalas dengan jawaban “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak”

Kalimat tersebut memiliki arti semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.

Ucapan Ulang Tahun

Sering kali ucapan Barakallah Fiik kita dengarkan saat berulang tahun. Ucapan ini bisa dijadikan sebagai doa untuk orang yang berulang tahun, dengan kalimat Baarakallah fii umrik, yang artinya semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Ucapan Pernikahan

Kalimat Barakallah Fiik juga bisa diterapkan untuk mengucapkan dan mendoakan orang yang menikah. Seperti riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat “baarakallah" untuk mendoakan pengantin yang doa dan ucapannya sebagai berikut:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Kalimat tersebut memiliki arti semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Lanjutkan Membaca ↓