Tips Alyssa Soebandono untuk Merasa Aman dan Nyaman Sholat di Masjid Selama Bulan Ramadan

Vinsensia Dianawanti06 Mei 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 16:30 WIB
[Fimela] Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Fimela.com, Jakarta Kembali menjalankan sholat di Masjid menjadi hal yang dirindukan setelah pandemi COVID-19 melanda selama kurang lebih 1,5 tahun ini. Terutama di bulan Ramadan seperti ini, sholat berjamaah di Masjid terpaksa tidak bisa dilakukan. Untuk tetap bisa menunaikan ibadah sholat, pemerintah pun menganjurkan untuk melakukannya di rumah.

Namun kebijakan pemerintah saat ini memungkinkan untuk menjalankan sholat di Masjid dengan menaati sejumlah protokol kesehatan secara ketat. Untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menunaikan sholat di Masjid selama bulan Ramadan, Sahaja menggalakkan Gerakan Masjid Bersih.

"Di Gerakan Masjid Bersih tahun ini, kami secara konsisten menjaga higienitas masjid dengan mendonasikan puluhan ribu perangkat kebersihan sekaligus mengedukasi masyarakat, khususnya para Marbut sebagai garda terdepan penjaga rumah ibadah, khususnya di wilayah masjid. GMB merupakan salah satubentuk nyata dari komitmen kehadiran Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE) yang kami luncurkan pada awal bulan ini, dimana salah satu komitmen kami adalah mewujudkan komunitas muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian program pengembangan ekonomi syariah, pemberdayaan masyarakat, serta edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujar Willy Saelan, Direktur Human Resources PT Unilever Indonesia, Tbk.

Unilever Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia menargetkan sebanyak 3000 masjid tetap bersih dan terjaga di bulan Ramadan tahun ini. Mengingat kebutuhan untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk masjid menjadi semakin signifikan di bulan Ramadan.

 

Gerakan Masjid Bersih

Tips Alyssa Soebandono untuk Merasa Aman dan Nyaman Sholat di Masjid Selama Bulan Ramadan
Alyssa Soebandono menerapkan sejumlah cara untuk tetap merasa aman dan nyaman sholat di Masjid

Dengan kondisi masjid yang sudah mulai dibuka, Drs. H. Andi Mappaganty, MM, Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Bidang Sosial & Kemanusiaan menghimbau agar masyarakat untuk dapat beribadah dengan tetap memastikan keamanan diri dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Gerakan Masjid Bersih sendiri sudah dilaksanakan sejak 2017 dan telah menjangkau lebih dari 100ribu masjid di Indonesia. Diharapkan semangat Gerakan Masjid Bersih bisa dibawa ke lingkunngan rumah. Sehingga masyarakat dapat meraih ketenangan pikiran dan lebih khusyuk dalam beribadah.

 

Tips dari Alyssa Soebandono

[Fimela] Keluarga Dude Harlino dan Alyssa Soebandono
(Instagram/dude2harlino)

Menjadi seorang ibu dan juga figur publik, Alyssa Soebandono selalu memastikan keamanan dan kenyamanan sang suami, Dude Harlino saat menjalankan sholat di masjid. Ia pun menerapkan sejumlah langkah untuk menjaga keberisihan alat sholat yang digunakan. Apa saja?

1. Membawa sejadah sendiri

2. Menyemprotkan spray higienis di area tempat sholat, termasuk di sejadah

3. Menjaga jarak meski menempati shaf paling depan

4. Menggunakan hand sanitizer secara berkala

5. Memohon perlindungan pada Allah dengan mengamalkan doa keluar rumah.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓