Peneliti Membuktikan, Punya Tubuh seperti Ini Membuatmu Punya Gaji Besar

Febi Anindya Kirana09 Mei 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 12:15 WIB
zodiak

Fimela.com, Jakarta Bukan hal yang mengejutkan jika masyarakat selalu mudah menilai sesuatu dari penampilan. Bukan hanya soal memilih pasangan, dalam pekerjaan pun penampilan banyak menjadi sorotan. Bahkan tak jarang beberapa lowongan pekerjaan sengaja menuliskan "berpenampilan menarik" sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan.

Secara umum, berpenampilan menarik di sini bisa diartikan sebagai memiliki wajah yang mudah disukai dan proporsi tubuh yang ideal. Dan sepertinya memiliki bentuk tubuh tertentu juga bisa menentukan seberapa banyak gaji yang mungkin kamu dapatkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal tahun 2016 menemukan bahwa perempuan yang memiliki kelebihan berat badan secara genetik berkorelasi erat mendapatkan gaji lebih rendah dibandingkan sesama perempuan yang memiliki berat badan ideal. Dikatakan dalam penelitian bahwa perempuan dengan gaji besar punya proporsi tubuh ideal.

Bentuk tubuh pengaruhi gaji seseorang

body shaming
ilustrasi perempuan bekerja/copyright By Asier Romero from Shutterstock

Penelitian yang melibatkan 119.669 peserta dengan usia antara 37-73 tahun, baik pria maupun perempuan di Inggris Raya ini mengamati apakah tinggi badan dan indeks massa tubuh (BMI) memiliki peran dalam menentukan status sosial ekonomi seseorang.

Hasilnya, semakin tinggi seorang pria, semakin besar kemungkinan ia memiliki gaji besar. Sedangkan semakin bertambah berat badan seorang perempuan, semakin sedikit gaji yang kemungkinan ia peroleh setiap tahunnya.

Meskipun terkesan diskriminatif, pada kenyataannya kita tak bisa menutup kemungkinan bahwa penampilan seorang perempuan dapat memengaruhi pilihan karier dan bahkan penghasilan yang mereka dapatkan.

Tapi tentu saja, hasil studi ini tidak begitu saja bisa diaplikasikan pada semua jenis pekerjaan atau mutlak menentukan gaji seseorang. Misalnya seorang perempuan obesitas bekerja sebagai model plus-size, bisa jadi penghasilannya cukup besar, atau sebutkan contoh serupa lainnya yang tidak serta merta menentukan gaji dari bentuk tubuh.

Ada bagitu banyak faktor lain yang bisa menentukan besar kecilnya gaji seseorang, tidak semata-mata memandang penampilan fisik ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓