Sebagai Hari Kemenangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Idul Fitri

Gayuh Tri Pinjungwati15 Mei 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 15 Mei 2021, 19:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Salah satu hari terpenting dalam kalender Islam, Idul Fitri adalah perayaan tiga hari yang menggembirakan yang menandai akhir Ramadan, puasa selama sebulan yang dilakukan oleh sebagian besar umat Muslin di seluruh dunia. Tentu ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dalam sebuah perayaan Idul Fitri, ini semua tentang keluarga, kelompok, kemurahan hati dan rasa syukur. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang Ramadan.

Menandai Akhir Ramadan

Idul Fitri berlangsung pada hari pertama Syawal, bulan Islam yang datang tepat setelah Ramadan. Sepanjang Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum dan aktivitas berdosa lainnya antara matahari terbit dan terbenam, dan harus mempertimbangkan kesempatan tersebut sebagai waktu untuk refleksi dan ibadah. Juga dikenal sebagai bulan suci Islam, Ramadan menandai momen ketika Al Quran diturunkan kepada nabi Muhammad.

Doa Memainkan Peran Penting

Idul Fitri bukan hanya sekedar berbuka puasa, tapi juga saat untuk bersatu padu dan mengabdikan diri untuk sholat. Pada hari pertama acara, umat Islam mengunjungi masjid setempat mereka untuk sholat. Beberapa sesi doa yang berbeda diadakan selama Ramadan, yang sebagian besar bersifat wajib dan digunakan untuk meminta pengampunan, belas kasihan, kedamaian, dan berkah.

Banyak Orang Memakai Pakaian Baru

single berhijab
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Odua Images

Pada hari pertama Idul Fitri sudah menjadi kebiasaan bagi orang untuk mandi besar dan mengenakan pakaian baru. Ini dilakukan untuk menghormati Allah dan dimaksudkan untuk melambangkan gagasan pembaruan spiritual.

Membagikan Hadiah

Seperti halnya Natal bagi umat Kristiani, Idul Fitri adalah saat Muslim bisa menghujani orang yang mereka cintai dengan hadiah. Anak-anak biasanya mendapatkan sebagian besar perhatian, meskipun hadiah dibagikan secara bebas antara teman dan kerabat juga.

Memberi Tak Terbatas pada Keluarga

Semua orang Muslim dengan sarana keuangan diharapkan membayar Zakat Fitrah, sejenis sedekah khusus yang dimaksudkan untuk memperkuat ikatan dalam komunitas Islam dan menumbuhkan perasaan persaudaraan dan cinta.

Di sebagian besar belahan dunia, non-Muslim didorong untuk mengunjungi rumah teman-teman Muslim mereka untuk bergabung dalam perayaan dengan memanjakan diri dalam jumlah makanan yang berlebihan dan bertukar hadiah.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021