Tip untuk Mencegah Klaster Perkantoran di Tengah Pandemi Covid-19

Fimela Editor09 Mei 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 17:00 WIB
Menyalahgunakan Fasilitas Kantor

Fimela.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19 pada klaster perkantoran.Hal tersebut disampaikan melalui unggahan akun instagram resmi milik Pemprov DKI @dkijakarta pada Sabtu, 24 April 2021.Berdasarkan unggahan itu, disebutkan bahwa kenaikan kasus pada periode 12-18 April 2021 sebanyak 425 orang ditemukan di 177 perkantoran. Adanya peningkatan kasus aktif positif Covid-19 pada klaster perkantoran itu, membuat pemerintah  terus waspada akan lonjakan kasus Covid-19 sambil terus menerapkan protokol kesehatan dan mengedukasi masyarakat.  

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui layanan Prove Family yang  merupakan sarana informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat mengadakan edukasi  kesehatan bersama media secara daring dengan tema “Klaster Perkantoran Meningkat  Kembali? Apa Yang Harus Dilakukan?” dengan narasumber DR. Dr. Agus Dewi Susanto,  Sp.P(K)., FAPSR, FISR - Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dan apt.  Kenny Kowira, S.Farm – Product Management PT Kalbe Farma Tbk. Edukasi ini bertujuan  memberikan informasi kepada masyarakat mengenai resiko update COVID-19 di Indonesia  khususnya peningkatan klaster perkantoran, cara penanganan dan multivitamin untuk  menunjang produktivitas dan daya tahan tubuh agar tetap sehat.  

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi  terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek  yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi produk kesehatan  yang menangani obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Woods, Fatigon, dll), multivitamin (Fatigon, H2,  XonCe, Hevit-C, JossC1000 dll), dan minuman supplemen dan siap saji (Hydro Coco, Extra Joss), divisi  nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, Zee, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 40  anak perusahaan and 14 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000  karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di  Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF). 

 

Mencegah cluster perkantoran

Cara Mudah Tetap Sehat Selama Pandemi
Ilustrasi bekerja di kantor. (Credit: Shutterstock)

“Kalbe secara rutin memberikan edukasi seputar isu kesehatan guna meningkatkan  pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat dalam menjaga kesehatan mulai dari  pencegahan hingga pengobatan,” ujar Vidi Agiorno Metupawan, Group Product Manager PT  Kalbe Farma, Tbk. “Melalui edukasi ini kami ingin membantu pemahaman dan meningkatkan  kesadaran masyarakat Indonesia agar tetap beraktivitas di tengah pandemik COVID-19 dengan  memperhatikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga kesehatan dan  daya tahan tubuh dengan konsumsi nutrisi sehat, rutin olahraga dan memenuhi kebutuhan  multivitamin,” lanjut Vidi. 

Ketua Umum Perhimpunan  Dokter Paru Indonesia (PDPI), DR. Dr. Agus Dewi Susanto, Sp.P(K)., menyampaikan “Selain menjalankan protokol kesehatan diperlukan daya tahan  tubuh yang baik dengan perilaku hidup bersih dan sehat, diet sehat, olahraga teratur, kelola  stres, mengkonsumsi multivitamin seperti vitamin A, B, C, D, E dan Zinc serta vaksinasi untuk  mengurangi risiko terinfeksi COVID-19.” Berikut adalah anjuran dari Dr. Agus mengenai tips mencegah klaster perkantoran di tengah pandemi Covid-19 :  

 Memakai Masker. Untuk mengurangi penularan klaster perkantoran dapat dilakukan dengan pakai masker  dari dan ke rumah dan di tempat kerja

Hindari menyentuh bagian wajah dengan tangan, Cuci Tangan Pakai Sabun setiba di tempat kerja dan Tiba di rumah langsung mandi dan  ganti baju

Jaga Jarak dan tidak berkerumun di tempat kerja, JagaJarak 1 meter jika berkendaraan  umum.  Hindari kerumunan berbuka puasa bersama atau berdesakan di angkutan umum. 

Siapkan Multivitamin.  

“Meningkatnya klaster perkantoran disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu upaya untuk  menjaga daya tahan tubuh agar tetap produktif dan sehat adalah dengan mengonsumsi  multivitamin. Sesuai Pedoman Tatalaksana COVID-19 edisi 3 Desember 2020, rekomendasi  produk multivitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah kombinasi  multivitamin (vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E),” ujar apt. Kenny Kowira,  S.Farm – Product Management PT Kalbe Farma Tbk. “Prove Family melalui produk Prove Z  memiliki kombinasi Zinc dan multivitamin (vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E) yang  telah sesuai dengan Pedoman Tatalaksana COVID-19 dan bermanfaat untuk menjaga daya  tahan tubuh,” tutup Kenny. 

Menjaga imunitas tubuh

Kemampuan Bekerjasama
Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina

Prove Family merupakan program yang dikeluarkan Kalbe Farma dengan menyediakan  layanan komprehensif seputar kesehatan. Mulai dari edukasi dan informasi kesehatan,  diagnostik, preventif dan pengobatan terkait kebutuhan multivitamin agar daya tahan tubuh  tetap sehat dan produktif khususnya di era pandemik ini. Produk multivitamin Prove Family  hadir dalam beberapa varian yaitu : Prove C yang berisi pureway vitamin C; Prove D3 yang  berisi vitamin D3 dengan varian drops, tablet 1000 IU dan tablet 5000 IU; Prove E yang berisi  natural vitamin E 400IU; serta Prove Z yang berisi Zinc dan multivitamin (vitamin B kompleks,  vitamin C, dan vitamin E) dengan varian komplit, dosis praktis dan harga yang terjangkau untuk  kebutuhan sehari-hari. 

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Lanjutkan Membaca ↓