Gejala Gerd dan Cara Menyembuhkannya dengan Mudah

Kezia Prasetya Christvidya07 Mei 2021, 10:51 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 11:11 WIB
Mengatasi Diare dan Sakit Perut

Fimela.com, Jakarta Gastroesophageal Reflux Disease atau yang disingkat dengan GERD, adalah penyakit yang menyerang lambung, yang disebabkan karena katup atau sfingter yang ada di kerongkongan bawah melemah, sehingga menyebabkan mulut terasa sangat asam, sesak dada dan naik sampai tenggorokan.

GERD juga sering disebut dengan asam lambung, yaitu penyakit yang menyerang pada sistem pencernaan. Secara umum, katup atau sfingter terbuka sebagai jalan masuk makanan dan minuman ke lambung, lalu katup ini akan tertutup kembali agar isi lambung tidak naik ke bagian kerongkongan.

Tetapi bagi seseorang yang menderita GERD, kantung ini susah untuk menutup dengan baik, sehingga asam lambung dan isi makanan bisa naik ke kerongkongan, yang menyebabkan mual dan muntah.

Untuk mencegah penyakit GERD ini, berikut gejala yang sering dialami penderita GERD dan cara menyembuhkannya dengan mudah, dilansir dari Liputan6.com:

Gejala GERD

Mengganggu Sistem Pencernaan
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

GERD adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan, yang menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan mulut terasa pahit atau asam, bahkan bisa menyebabkan bagian dada dan ulu hati terasa nyeri, karena terjadi peradangan di area tersebut.

Saat GERD kambuh, seseorang akan mengalami gejala susah menelan makanan, mengalami gangguan pernapasan, suara berubah menjadi serak, sering mual dan muntah-muntah.

Bahkan bagi seseorang yang memiliki asma, GERD bisa menyebabkan sesak napas dan batuk-batuk. GERD juga bisa membuat tidur menjadi terganggu, bau mulut jadi tidak sedap dan gigi rusak karena asam lambung yang naik.

Penyebab GERD

Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Seperti yang sudah kita ketahui, GERD disebabkan karena katup atau sfingter melemah, sehingga susah menutup dan menyebabkan isi lambung naik sampai kekerongkongan. Katup yang melemah ini biasanya dialami perempuan yang sedang hamil atau orang-orang yang mengalami obesitas.

Penyakit GERD ini juga bisa disebabkan karena seseorang memiliki kondisi penyakit diabetes, penyakit gangguan sistem pencernaan lainnya, scleroderma dan penyakit hiatus hernia.

Selain itu, GERD juga bisa disebabkan karena kebiasaan yang kurang baik. Seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu asam lambung naik, contoh makanan dan minumannya adalah kopi, alkohol, cokelat, santan, makanan asam dan semacamnya. Bahkan terlalu banyak pikiran atau stres juga bisa menyebabkan penyakit GERD.

Cara Mengatasi GERD dengan Pola Hidup Sehat

ilustrasi perut sakit/pexels
ilustrasi perut sakit/pexels

GERD adalah penyakit yang bisa diatasi dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, agar sistem pencernaan di dalam tubuh lebih lancar dan tidak kambuh kembali. Seperti diet atau mengatur pola makan menjadi lebih sehat.

Kamu bisa mengurangi porsi makan dan mengonsumsi makanan bergizi, agar berat badan tubuh lebih seimbang. Kemudian menghindari mengonsumsi makanan yang memicu penyakit asam lambung, seperti olahan susu, makanan terlalu manis, makanan pedas, makanan yang berlemak atau yang terlalu asam. Minuman yang mengandung alkohol, soda dan kafein pun sebaiknya harus dihindari.

Merubah pola hidup menjadi lebih sehat juga bisa dilakukan dengan tidur secara cukup selama kurang lebih 8jam, tidak berbaring dalam waktu 3 jam setelah makan, tidak merokok dan rajin berolahraga.

Segera Konsultasi dengan Dokter

ilustrasi sakit perut/shuttershock
ilustrasi sakit perut/shuttershock

Kalau gejala GERD sudah mulai dirasakan, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter, agar lebih cepat ditangani oleh dokter dan diberikan obat yang tepat.

Biasanya dokter akan memberikan obat antasida, H-2 receptor blockers seperti cimetidine dan famotidine, serta proton pump inhibitors (PPIs) seperti lansoprazole dan omeprazole.

Walaupun penyakit GERD ini terkesan ringan dan bisa diatasi dengan pola hidup sehat, penyakit GERD juga bisa menyebabkan komplikasi lain, yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan merenggut nyawa.

Lanjutkan Membaca ↓