5 Tips Mudah Menjaga Kadar Cairan Tubuh selama Berpuasa agar Tetap Sehat

Imelda Rahma11 Mei 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 07:15 WIB
Cairan Tubuh

Ketika berpuasa di bulan Ramadan, salah satu cobaan yang banyak dialami adalah munculnya perasaan haus. Hal ini sangat lumrah terjadi karena ketika berpuasa, jumlah air yang kita konsumsi memang tidak sebanyak biasanya.

Munculnya rasa haus serta kurangnya asupan air ini merupakan tanda-tanda dari dehidrasi dan bisa memengaruhi fungsi tubuh kita. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, mungkin muncul berbagai efek seperti konstipasi, pusing, kelelahan, serta kulit menjadi kering.

Untuk menjaga agar tubuh tetap memiliki kadar air yang cukup selama berpuasa ini, terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan saat sahur dan buka. Pastinya memastikan tubuh memiliki kadar air yang cukup amat sangat penting dan perlu diperhatikan selama berpuasa agar tubuh tetap sehat. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 tips mudah menjaga kadar cairan tubuh selama berpuasa agar tetap sehat. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Banyak Mengonsumsi Air Mineral

Banyak Mengonsumsi Air Mineral
Ilustrasi Mengonsumsi Minuman Credit: pexels.com/James

Untuk membuat tubuh tak kekurangan cairan, cara paling sederhana adalah dengan banyak minum air. Hal ini penting dilakukan ketika kamu aktif beraktivitas di luar ruangan yang panas. Minum dengan jumlah cukup pada saat sahur dan berbuka agar kamu tak lemas kehausan saat berpuasa.

Tidak Mengonsumsi Makanan yang Terlalu Asin

Tidak Mengonsumsi Makanan yang Terlalu Asin
Ilustrasi Makanan Asin Credit: pexels.com/Lisa

Kurangi jumlah kandungan garam di makanan bisa membuat kamu tak bakal merasa kehausan saat berpuasa. Makanan dengan kandungan tinggi sodium bisa memicu rasa haus terutama ketika kita tengah berpuasa.

Mengonsumi Sayur dan Buah

Mengonsumi Sayur dan Buah
Ilustrasi Salad Credit: pexels.com/Jane

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan air dan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika berpuasa. Kedua makanan ini juga bertahan cukup lama di usus dan menjaga kadar air pada tubuh sehingga kamu tak bakal kehausan.

Mengurangi Konsumsi Jus dan Minuman yang Terlalu Manis

Mengurangi Konsumsi Jus dan Minuman yang Terlalu Manis
Ilustrasi Minuman Bergula Credit: pexels.com/Susane

Konsumsi jus dan minuman manis lainnya memang menyegarkan ketika berpuasa. Namun sebaiknya kamu mengganti kedua jenis minuman tersebut dengan air putih karena kandungan gula yang tinggi pada keduanya bisa membuat kamu gemuk.

Mengonsumsi Kurma

Mengonsumsi Kurma
Ilustrasi Buah Kurma Credit: pexels.com/Vien

Kurma merupakan buah yang selalu menjadi primadona di saat bulan Ramadan bukan hanya karena mengikuti sunnah Rasulullah, namun juga karena kandungannya yang sangat cocok untuk berpuasa. Kurma dapat membuat cairan dalam tubuh tercukupi karena buah ini merupakan sumber alami glukosa yang membuat tubuh menyimpan cairan dan memenuhi energi pada tubuh.

Lima tips tadi dapat kamu lakukan selama bulan Ramadan untuk menjaga cairan pada tubuh. Dengan kondisi tubuh yang tepat, puasa Ramadanmu tahun ini bisa bejalan dengan baik dan mendapat ganjaran yang setimpal.

Lanjutkan Membaca ↓