4 Tips Menghindari Makan Berlebihan saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Gayuh Tri Pinjungwati09 Mei 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 13:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Di bulan Ramadan yang indah ini di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad, kita berpuasa. Ya, kita berpuasa dari makanan dan minuman tetapi juga dari keinginan duniawi, perilaku tidak baik, bahasa yang buruk, dan lainnya. Ini adalah bulan di mana kita meningkatkan perbuatan baik, kemurahan hati, kasih sayang dan berbagai bentuk kebaikan. Sebulan di mana kita berusaha membentuk kebiasaan bermanfaat yang akan menyempurnakan karakter kita sebagai manusia di tahun mendatang. Ini adalah bulan pembersihan spiritual.

Makan berlebihan dan makan makanan tidak sehat selama Ramadan berdampak buruk bagi kesehatan. Ini dapat menyebabkan sakit perut, kantuk, mulas, kram perut dan gastritis, di antara efek samping negatif lainnya. Berikut beberapa tips untuk menghindari makan berlebihan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

1. Makan Sahur

Sahur sangat penting, makan makanan yang sehat akan memberi energi sepanjang hari dan bahkan menghindarkanmu untuk merasa lapar sepanjang hari. Tentunya, juga harus diiringi dengan mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi asupan air yang cukup.

2. Jangan Makan Berlebihan

Tibalah waktu berbuka dan perutmu masih kosong yang mungkin akan membuatmu ingin menyatap banyak makanan. Perutmu sebenarnya akan kenyang dengan porsi yang lebih kecil jika dirimu makan lebih sedikit. Jangan memaksakan makanan sampai kenyang atau menyia-nyiakannya saat  sadar bahwa dirimu tidak dapat menghabiskannya. Cukup kurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓