Ketahui, 5 Makanan yang Dapat Menyebabkan Munculnya Mimpi Buruk saat Tidur

Imelda Rahma07 Mei 2021, 19:35 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 19:35 WIB
Mimpi Buruk

Ketika tidur, sering kali kita tidak merasa nyaman karena terbangun atau terganggu akibat mimpi buruk. Munculnya mimpi buruk ini bisa menyebabkan rasa yang tak nyaman usai kita terbangun.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa mimpi buruk ini tak hanya dialami oleh anak-anak, melainkan juga oleh orang dewasa. Ketika mimpi buruk sudah sering terjadi dan menyebabkan stres serta insomnia, mimpi buruk juga bisa digolongkan sebagai kelainan atau penyakit.

Munculnya mimpi buruk ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi yang kamu alami. Tekanan mental yang terjadi serta kondisi tidur yang tak nyaman bisa membuatmu mengalami mimpi buruk ini.

Namun siapa sangka bahwa terdapat hal mengejutkan yang bisa membuat kamu mengalami mimpi buruk ini. Salah satu penyebab dari mimpi buruk yang kamu alami ini bisa jadi disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 makanan yang dapat menyebabkan munculnya mimpi buruk. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Keju, Susu, dan Es Krim

Keju, Susu, dan Es Krim
Ilustrasi Susu dan Es Krim Credit: pexels.com/Roman

Keju dan susu-susuan mengandung kalori dan lemak yang sangat kaya. Mengonsumsi makanan ini sebelum tidur bisa memicu mimpi buruk karena tubuh tengah mencerna makanan tersebut. Hal ini membuat tidurmu terhalang dan muncul berbagai pikiran. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 mengungkap bahwa keju dapat memicu munculnya mimpi buruk.

Makanan Pedas

Makanan Pedas
Ilustrasi Makanan Pedas Credit: pexels.com/Jang

Konsumsi makanan pedas diketahui bisa mengganggu tidur pasalnya membuat berat badan tubuhmu meningkat. Hal ini bisa mengganggu terbentuknya mimpimu selama siklus REM. Sebuah penelitian mengungkap bahwa makanan pedas bisa menyebabkan mimpi buruk karena upaya ekstra bagi tubuh untuk mencerna makanan ini.

Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol
Ilustrasi Minuman Beralkohol Credit: pexels.com/Thirdman

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebih sebelum tidur bisa membuatmu kesulitan untuk masuk dalam tidur dalam. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk mempelajari dampak alkohol bagi tidur menyatakan bahwa walau alkohol bisa larut, namun efek yang muncul di malam hari bisa menimbulkan mimpi buruk yang intens dan nyata.

Minuman Berkafein

Minuman Berkafein
Ilustrasi Kopi Credit: pexels.com/Chevanon

Mengonsumsi berbagai minuman yang mengandung kafein telah diketahui bisa menyebabkan kamu sulit tertidur. Kandungan ini menyebabkan metabolisme tubuh dan aktvitas otak meningkat sehingga kamu kesulitan tidur dan menimbulkan munculnya mimpi buruk.

Cokelat dan Makanan Manis

Coklat dan Makanan Manis
Ilustrasi Coklat Credit: pexels.com/Budgeron

Berdasar sebuah penelitian, makanan manis disebut bisa menyebabkan munculnya mimpi buruk usai mengonsumsinya. Psikolog juga mengungkap bahwa mengonsumsi makanan manis seperti cookies dan cake bisa menimbulkan mimpi buruk.

Selan itu, cokelat merupakan salah satu makanan yang paling sering menimbulkan munculnya mimpi buruk. Tingginya kandungan kafein dan gula menyebabkan makanan ini membuat kamu kesulitan tidur nyenyak dan menyebabkan terjadinya mimpi buruk.

Lanjutkan Membaca ↓