Studi Membuktikan, Tidur di Waktu Seperti Ini yang Mampu Memperkuat Cinta

Febi Anindya Kirana07 Mei 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 15:15 WIB
pasangan tidur

Fimela.com, Jakarta Tidak ada seorang pun yang menjalani pernikahan menginginkan hubungan cintanya mengalami masalah, dan bahkan menghadapi risiko perpisahan. Tapi terkadang apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi pemicu perpisahan tanpa kita sadari, misalnya saja tidur di waktu yang berbeda dengan pasangan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International menemukan bahwa para perempuan lebih suka tidur pada waktu yang sama dengan pasangannya di malam hari karena hal itu dapat menimbulkan perasaan positif di dalam hati, bahkan dapat menjaga hubungan cinta lebih erat.

Waktu tidur yang sama bisa perkuat cinta

hubungan intim
ilustrasi pasangan menikah/copyright by Roman Samborskyi (Shutterstock)

Bagaimana bisa hal ini berhubungan dengan eratnya hubungan cinta? Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2016 dan diketuai oleh Kneginja Richter tersebut dijelaskan bahwa ketika suami dan istri berbagi tempat tidur dan tidur di waktu yang sama, secara alami itu akan memberikan kesan keintiman dan keterikatan lebih mendalam serta cenderung menguatkan hubungan romantis.

Hal ini lebih memberikan efek kedekatan secara psikologis dibandingkan kehangatan yang didapat secara fisik dari pasangan. Ketika suami dan istri sama-sama menyamakan waktu tidur di satu ranjang, keduanya secara alami bisa menciptakan waktu berkualitas bersama tanpa mereka sadari. Ketika salah satunya memutuskan tidur duluan atau tidur menyusul, perlahan akan menimbulkan jarak dalam hubungan. Salah satu pihak pasti akan merasa diabaikan dan kesepian.

Namun sayangnya sebanyak 72% pasangan suami-istri yang menjadi partisipan dalam penelitian ini mengaku bahwa mereka tidur di waktu yang berbeda dengan pasangan karena berbagai alasan, seperti jadwal kerja, menonton TV atau bahkan menghabiskan waktu browsing smartphone.

Jadi, jika berencana mempertahankan pernikahan dan cinta untuk jangka waktu yang lama, maka sebisa mungkin tidurlah di waktu yang sama dengan pasangan ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓