5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi di Bulan Ramadan

Imelda Rahma08 Mei 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 11:35 WIB
Gigi

Pada saat bulan Ramadan, umat Islam bakal berpuasa mulai matahari terbit hingga tenggelam. Selama masa itu, mereka tidak akan makan atau minum apapun.

Kondisi berpuasa ini, kerap menimbulkan rasa berbeda pada mulut. Salah satunya adalah berupa munculnya bau mulut pada seseorang yang berpuasa.

Pastinya berpuasa di bulan Ramadan tidak menjadi alasan untuk kamu lalai dalam menjaga kesehatan gigi. Jangan dianggap sepele karena kesehatan mulut dan gigi yang tidak terjaga akan menimbulkan beragam masalah mulut dan gigi.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas cara mudah menjaga kesehatan gigi di bulan Ramadan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menyikat Gigi Setelah Sahur dan Berbuka

Menyikat Gigi Setelah Sahur dan Berbuka
Ilustrasi Menyikat Gigi Credit: pexels.com/Fero

Ketika sahur dan berbuka, seseorang bakal lebih rentan untuk makan dalam jumlah banyak terutama makanan berpemanis. Untuk mencegah penumpukan bakteri, sebaiknya segera menyikat gigi setelah buka dan sahur.

Melakukan Flossing dan Menggunakan Mouthwash

Melakukan Flossing dan Menggunakan Mouthwash
Ilustrasi Mouthwash Credit: shutterstock.com

Jika kamu tidak terbiasa melakukan flossing dan berkumur menggunakan mouthwash, ketika Ramadan sebaiknya mulai menerapkannya. Hal ini bisa membantu membersihkan makanan yang menempel di antara gigi dan menyingkirkan bakteri di mulut.

Banyak Mengonsumsi Air Mineral

Banyak Mengonsumsi Air Mineral
Ilustrasi Mengonsumsi Air Mineral Credit: pexels.com/Daria

Ketika berpuasa, kamu disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air setelah berbuka. Kurangnya asupan air bisa menyebabkan bakteri menumpuk dan memunculkan bau mulut.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi Buah dan Sayur
Ilustrasi Buah dan Sayur Credit: pexels.com/Jill

Ketika berpuasa, konsumsi makanan juga sangat penting bagi kesehatan gigi. Disarankan untuk mengonsumsi banyak buah, sayur, kacang-kacangan, dan polong-polongan untuk membuat mulut terhidar dari asam. Sejumlah makanan tersebut juga membantu tubuh melawan bakteri dan peradangan sekaligus menguatkan perlindungan pada gigi dan gusi.

Menghindari Makanan Manis dan Bertepung

Menghindari Makanan Manis dan Bertepung
Ilustrasi Makanan Manis Credit: pexels.com/Markus

Sejumlah makanan manis dan bertepung bisa menyebabkan kerusakan gigi dengan meluntrukan email pelindung. Selain berbagai masalah tersebut, kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan lengket karena bisa menyebabkan masalah pada gigi.

Sejumlah hal tersebut sebaiknya kamu terapkan untuk mencegah munculnya masalah di gigi dan mulut. Kondisi gigi dan mulut yang sehat bisa sangat membantu untuk menjalani puasa Ramadan dengan lancar. 

Lanjutkan Membaca ↓