5 Cara Memilih Daging Sapi yang Segar

Kezia Prasetya Christvidya13 Mei 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 10:35 WIB
daging-kezo

Fimela.com, Jakarta Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang sering disajikan di rumah, karena memiliki rasa yang enak, dengan kandungan yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Daging sapi memiliki kandungan seng, fosfor, zat besi dan vitamin B kompleks. Bahkan daging sapi yang berwarna merah ini, memiliki kandungan rendah serat, yang aman dikonsumsi dengan jumlah yang banyak dan bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Daging sapi banyak dijual di pasaran dengan harga yang beragam. Tetapi Sahabat Fimela harus berhati-hati saat memilih daging sapi, karena tidak semua daging sapi yang dijual segar. Saat memilih daging sapi juga harus memperhatikan bagian yang tepat, agar nikmat saat disantap.

Agar tidak bingung saat memilih daging sapi yang segar dan bagiannya yang enak, berikut cara memilih daging sapi yang segar dan bagian daging yang enak yang bisa dicoba.

Manfaat Daging Sapi

daging sapi-kezo
ilustrasu daging sapi/Malidate Van/pexels

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat daging sapi yang pertama yaitu membantu menurunkan risiko penyakit diabetes. Karena daging sapi memiliki kandungan asam linoleat terkonjugasi daging sapi dan kandungan L-carnitine, kandungan ini membantu mengatur sensitivitas insulin.

2. Mencegah Anemia

Daging sapi bisa membantu mencegah penyakit anemia, yang disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam daging sapi atau daging merah ini, bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin darah.

3. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat daging sapi yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena daging sapi memiliki kandungan karnosin yang lebih banyak daripada unggas. Kandungan ini juga bisa membantu mencegah peroksidasi lipid dalam sel-sel.

Cara Memilih Daging Sapi Segar

daging sapi-kezo
ilustrasi daging sapi/mali maeder/pexels

1. Perhatikan Warna Daging

Cara pertama memilih daging sapi yang segar adalah memperhatikan warna daging sapi. Daging sapi yang baru saja dipotong dan masih segar, biasanya memiliki warna merah yang seperti buah ceri, yang didapatkan dari protein Myoglobin. Sedangkan daging sapi yang sudah tidak segar, memiliki warna merah yang keungu-unguan.

2. Mencium Aroma Daging

Untuk memilih daging yang segar, cobalah untuk mencium daging sapi terlebih dahulu. Daging sapi yang masih segar tidak memiliki aroma yang menyengat, sedangkan yang sudah mulai busuk memiliki aroma amis atau anyir yang menyengat.

3. Memencet Tekstur Daging

Cara yang selanjutnya adalah memencet tekstur daging. Daging yang masih segar biasanya memiliki tekstur yang lembut dan agak kesat. Sedangkan daging yang sudah mulai busuk, teksturnya licin dan mulai muncul lendir saat di pencet dagingnya.

4. Cek Tanggal Pemotongan

Saat belanja daging segar di supermarket, perhatikan tanggal pemotongan daging sapi di bagian kemasannya. Daging sapi yang masih segar akan dipotong dihari yang sama saat kamu akan membeli daging. Sedangkan daging yang mulai busuk, adalah daging yang dipotong beberapa hari lalu sebelum kamu membeli daging.

5. Belanja di Tempat yang Bersih

Cara yang terakhir untuk memilih daging yang segar, yaitu belanja daging sapi di tempat yang bersih dan jauh dari tempat sampah. Kalau kamu ragu-ragu untuk belanja di pasar, kamu bisa membeli daging sapi di tempat pemotongan daging.

Bagian Daging Sapi yang Enak

daging sapi-kezo
ilustrasi daging sapi/Lukas/pexels

Daging sapi memiliki banyak bagian yang enak, bagian paha depan atau chuck adalah bagian yang memiliki jaringan ikat, sehingga saat dimasak akan meleleh dan menghasilkan aroma nikmat. Bagian iga sapi juga memiliki rasa yang enak dan daging lembut, yang sering dimasak di jadikan sop atau panggang.

Kemudian bagian sirloin dan shortloin, adalah bagian daging sapi yang sering digunakan untuk membuat steak, karena memiliki daging sapi yang lembut dan tekstur yang enak, lalu meleleh saat dikunyah dan digigit.

Bagian brisket, paha belakang sapi dan bagian otot perut, juga merupakan bagian daging sapi yang memiliki tekstur lembut dan sering dijadikan untuk bahan masakan.

Lanjutkan Membaca ↓