5 Tips yang Dapat Membantumu Mengatasi Rasa Kantuk di Siang Hari saat Berpuasa

Gayuh Tri Pinjungwati09 Mei 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 11:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Selama bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa selama sebulan sebagai praktik ketaatan beragama. Karena puasa di bulan Ramadan adalah wajib bagi setiap Muslim meski di tengah mereka harus menjalankan puasa di tempat kerja.

Meskipun menahan diri untuk makan dan minum di siang hari merupakan tantangan tersendiri, kendala terbesar yang dialami kebanyakan orang saat berpuasa adalah rasa kantuk yang sering datang saat mereka bekerja. Kadar gula darah akan menurun saat berpuasa sehingga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi. Tak heran, hal tersebut berujung pada rasa kantuk yang dapat mempengaruhi produktivitas, terutama pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan tidur. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melawan rasa kantuk dan tetap segar saat berpuasa di kantor.

Dapatkan Tidur Berkualitas di Malam Hari

Saat berpuasa, pola tidur akan berubah karena harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari. Untuk mencegahnya, dirimu harus memastikan bahwa dirimu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari. Jika tidak ada kebutuhan yang mendesak, hindari tidur larut malam dan tidur lebih cepat dari biasanya. Pastikan dirimu memiliki tidur yang berkualitas sehingga tetap segar saat bangun di pagi hari.

Tidur Siang

Karena dirimu tidak perlu menggunakan waktu istirahat untuk makan siang, dirimu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk tidur siang yang nyenyak. Jika memungkinkan, dapat menyetel alarm selama sekitar 5-20 menit untuk tidur di siang hari. Dirimu akan bangun dengan pikiran yang segar dan lebih produktif dalam menyelesaikan tugas setelahnya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓