Deretan Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi saat Sarapan

Imelda Rahma08 Mei 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 13:45 WIB
Makanan dan Minuman

Pada pagi hari, memilih makanan untuk sarapan merupakan hal yang penting. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, pilihan makanan dan minuman ini juga penting karena kondisi perut yang sedang kosong.

Banyak orang yang memulai pagi hari dengan konsumsi jus jeruk. Padahal sesungguhnya jeruk memiliki tingkat asam yang tinggi sehingga bisa menyebabkan heartburn dan kondisi asam di perut.

Roti juga merupakan salah satu makanan yang biasa dikonsumsi dan sebaiknya dihindari. Pasalnya, roti mengandung raging yang bisa menyebabkan masalah di perut.

Beberapa makanan bisa sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari terutama dalam perut kosong. Dilansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi sebagai sarapan pada saat perut kosong. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Air Hangat dan Madu

Air Hangat dan Madu
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Roman

Madu memiliki banyak kandungan mineral, vitamin, flavonoid, serta enzim yang bisa membantu membersihkan usus. Memadukan madu dengan air hangat bisa membantu mengeluarkan racun dari perut.

Buah Pepaya

Buah Pepaya
Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Alleksana

Untuk mengatur lancarnya pencernaan, pepaya merupakan makanan yang cocok dikonsumsi pada saat perut kosong. Buah ini tak hanya membersihkan racun dari tubuh saja namun juga bisa menurunkan kolesterol buruk dan mencegah penyakit jantung.

Bubur

Bubur
Ilustrasi Bubur Credit: pexels.com/Danshu

Bubur merupakan salah satu makanan yang tepat untuk sarapan karena rendah kalori dan tinggi nutrisi. Makanan ini bakal membuat organ dalam menjadi sehat dan membuatmu lebih kenyang untuk waktu lama.

Buah Semangka

Buah Semangka
Ilustrasi Buah Semangka Credit: pexels.com/Anylee

Semangka memiliki kandungan air 90 persen di dalamnya sehingga sangat baik jadi pilihan untuk sarapan. Buah ini juga mengandung banyak elektrolit dan likopen dalam jumlah tinggi yang baik bagi kesehatan jantung dan mata.

Kacang

Kacang
Ilustrasi Kacang Credit: pexels.com/Xian

Kacang bisa membantu melancarkan pencernaan dan menormalman kadar pH di dalam perut. Sejumlah kandungan nutrisi lain juga dikandung oleh makanan ini. Pastikan saja jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menimbulkan jerawat dan bertambahnya berat badan.

Kacang Almond yang Direndam

Kacang Almond yang Direndam
Ilustrasi Almond Credit: pexels.com/Karolina

Almonds merupakan makanan yang mengandung mangan, vitamin E, protein, serat, Omega-3, dan asam lemak Omega-6. Disarankan untuk mengonsumsi almond yang telah direndam selama semalam dan kemudian kupas dengan tepat. Makanan ini memiliki tingkat nutrisi yang tetap dan mampu mempertajam otak.

Sejumah makanan tersebut sangat cocok menjadi pilihan sebagai makanan pertama yang kamu konsumsi saat sarapan. Hal ini bisa membantu kesehatan pencernaan serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓