5 Manfaat Kesehatan Cincau yang Jarang Diketahui, Baik untuk Diet

Imelda Rahma09 Mei 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 14:45 WIB
Cincau

Salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di bulan Ramadan seperti sekarang adalah cincau. Rasa menyegarkan dari minuman ini cocok dicampurkan dengan berbagai jenis minuman.

Cincau sendiri merupakan minuman yang cukup dikenal pada beberapa daerah di Asia. Minuman berbahan cincau ini sangat mudah diperoleh baik dalam bentuk utuh maupun sudah dalam bentuk minuman di dalam kaleng yang mudah diperoleh di toko-toko.

Minuman ini sendiri tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan dan lezat saja namun juga memiliki manfaat yang menyehatkan. Jangan salah kira, meskipun terlihat seperti cemilan, nyatanya cincau memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh. 

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat kesehatan cincau yang jarang diketahui. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan Sistem Pencernaan
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/Irene

Cincau mengandung alkaloid serta memiliki vitamin B dan C juga di dalamnya. Adanya kandungan tersebut mampu membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut serta diare.

Mencegah Obesitas

Mencegah Obesitas
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/Chia

Minuman ini kaya dengan serat yang membuatnya berperan besar dalam menjaga berat badan sambil menyediakan asupan nutrisi bagi tubuh. Cincau juga rendah kalori dan memiliki kandungan gula yang sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan energi.

Bantu Cegah Konstipasi

Bantu Cegah Konstipasi
Ilustrasi Konstipasi Credit: shutterstock.com

Kandungan kaya serat yang dimiliki oleh cincau ini menjadikannya sebagai obat yang sangat baik melawan konstipasi. Hal ini tentu sangat penting untuk menghindarkan masalah kesehatan nan mengganggu dari dirimu.

Menjaga Gula Darah

Menjaga Gula Darah
Ilustrasi Cek Gula Darah Credit: pexels.com/PhotoMIX

Cincau mengandung bisbenzylisoquinoline (alkaloid) dan klorofil yang bisa berguna untuk penderita diabetes. Dua kandungan tersebut sangat berguna untuk menstabilkan tingkat gula darah.

Mengobati Malaria

Mengobati Malaria
Ilustrasi Penyakit Malaria Credit: pexels.com/Suzanne

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cincau dapat menjadi obat yang sangat berguna untuk melawan malaria. Hal ini terjadi karena kandungan alkaloid yang ada di dalamnya.

Beragam manfaat itu bisa kamu dapatkan dengan konsumsi minuman menyegarkan ini. Sambil menghapus dahaga karena berpuasa seharian, kamu juga bisa sekaligus menyegarkan tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓