Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi saat Perut Kosong dan Sangat Lapar

Banyak orang yang melewatkan waktu sarapan mereka dan langsung menuju makan siang. Hal ini biasanya malah membuat perut mereka menjadi sangat lapar kemudian.

Pada kondisi perut yang kosong, kamu merasa bakal bisa makan apa pun dan dalam jumlah banyak. Hal ini menyebabkan pola makan kita menjadi sangat tidak terkontrol saat kamu sedang luar biasa lapar.

Makan terlalu sedikit atau melewatkan waktu makan merupakan hal yang cenderung membuat kita makan berlebih. Lebih lanjut, hal ini juga cenderung membuat kita mengonsumsi cemilan tinggi kalori.

Kondisi ini bisa berujung bahaya seperti munculnya rasa mual, diare, muntah, serta keracunan makanan. Hal ini terjadi karena saluran gastrointestinal menjadi lebih sensitif setelah kosong untuk sementara waktu. Sejumlah makanan tertentu bisa jadi sangat buruk saat dikonsumsi dalam perut kosong.

Sejumlah makanan yang bergizi dan bernutrisi sebenarnya juga tidak baik saat disantap pada kondisi perut kosong. Dilansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah makanan yang tidak boleh disantap pada saat perut dalam kondisi kosong dan sangat lapar.

Buah Alpukat

Alpukat disebut sebagai buah sehat karena kaya nutrisi, bisa menurunkan tingkat kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, dan masih banyak lagi. Walau begitu, konsumsi alpukat saat perut kosong bisa berdampak buruk. Kandungan lemak di dalam alpukat bisa dicerna dengan sangat lambat dan bisa menyebabkan mual.

Sayuran Mentah

Sayuran sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh, namun dalam kondisi mentah, makanan ini harus dihindari pada saat perut kosong. Hal ini bisa menyebabkan kamu merasa sangat kenyang dan berakhir dengan menurunnya gula darah setelahnya. Sayuran tinggi serat juga bisa sangat sulit dicerna serta menyebabkan perut kembung.

Daging Merah

Daging merah merupakan makanan tinggi protein yang membutuhkan waktu lama untuk bisa dicerna tubuh dengan sempurna. Konsumsi daging merah saat perut kosong bisa menambah beban di perut untuk mencerna protein sehingga menyebabkan masalah di perut serta rasa kenyang berlebih.

Kopi

Konsumsi kopi pada saat perut kosong di pagi hari bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Hal ini bisa melepaskan asam hidroklorik ke dalam sistem pencernaan sehingga tingkat asam di perut meningkat dan menimbulkan masalah pencernaan.

Keripik

Keripik merupakan salah satu makanan yang juga tidak boleh dikonsumsi pada kondisi perut kosong. Makanan ini cenderung memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga tidak baik bagi pencernaan ketika perut kosong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading