Menilik 5 Manfaat Olahraga Panahan, Anjuran Nabi Muhammad SAW

Imelda Rahma13 Mei 2021, 17:35 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 17:35 WIB
Panahan

Manfaat olahraga panahan untuk kesehatan bisa kamu pertimbangkan sebagai rutinitas mingguan. Jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan juga ketepatan bidikan.

Selain perlunya fisik yang sangat kuat agar dapat menarik tali busur panah tersebut, agar mampu membidik tepat sasaran juga dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi yang berasal dari kemampuan mengendalikan diri. 

Bahkan, ketika perang di masa Rasulullah, memanah merupakan sebuah ‘kekuatan’ yang membantu umat Islam dalam mencapai kemenangan. Kekuatan yang dimaksud tersebut dicantumkan Allah SWT dalam firmannya di Al-Quran surat Al-Anfal ayat 60, yang memiliki arti:

“Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup…”

Arti dari ‘kekuatan’ yang ada pada surat tersebut lalu ditafsirkan oleh Rasulullah yaitu:

“Ketahuilah bahwa yang dimaksud ‘kekuatan’ itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali.” (HR. Muslim)

Manfaat olahraga panahan didapatkan dari berbagai gerakan yang dilakukan saat praktik. Walaupun banyak orang melihat panahan sebagai olahraga yang minim gerakan, nyatanya aktivitas ini dapat menguatkan otot tubuh atas hingga menyehatkan organ jantung. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat olahraga panahan sesuai dengan yang dinajurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

Memperkuat Tubuh Bagian Atas

Memperkuat Tubuh Bagian Atas
Ilustrasi Olahraga Panahan Credit: pexels.com/Lindon

Manfaat olahraga panahan yang pertama adalah dapat menguatkan tubuh bagian atas. Olahraga panahan menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung.

Seperti angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

Menyehatkan Jantung, Otot, dan Kaki

Menyehatkan Jantung, Otot, dan Kaki
Ilustrasi Olahraga Panahan Credit: pexels.com/Mikhail

Dalam pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki.

Kamu akan mendapatkan beberapa manfaat olahraga panahan ini bahkan selama latihan, karena kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan mengambil kembali panah.

Melatih Keseimbangan Tubuh

Melatih Keseimbangan Tubuh
Ilustrasi Olahraga Panahan Credit: pexels.com/Mikhail

Keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah karena kamu harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan. Berlatih memanah membantu kamu mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Semakin banyak berlatih, semakin otot inti terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.

Melatih Fokus

Melatih Fokus
Ilustrasi Olahraga Panahan Credit: pexels.com/Mikhail

Manfaat olahraga panahan selanjutnya adalah melatih fokus. Fokus penting untuk kesuksesan sebagai pemanah, dan mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental.

Semakin terfokus pada target, semakin mudah bagi kamu untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat, baik dalam praktik maupun dalam pertandingan. Keterampilan ini juga akan membantu kamu menghadapi situasi-situasi stres dan menekan dalam hidup.

Berelaksasi

Berelaksasi
Ilustrasi Olahraga Panahan Credit: pexels.com/Mikhail

Saat melepaskan anak panah dan melihatnya tepat mengenai sasaran, kamu akan merasakan adanya kelegaan yang luar biasa. Manfaat olahraga panahan satu ini bisa membantu mengurangi stres dan membuat kamu merasa lebih rileks.

Meski membutuhkan banyak fokus dan konsentrasi, tetapi ada perasaan menyenangkan ketika kamu memanah dan selalu tepat sasaran.

Lanjutkan Membaca ↓