4 Pola Makan yang Perlu Diperhatikan saat Kamu PMS

Imelda Rahma10 Mei 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 09:30 WIB
PMS

Mengubah pola makan dan apa yang kamu konsumsi dapat membantu mengurangi masalah emosi dan fisik yang timbul dari premenstual sindrom (PMS). Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ini dapat membantu mengatasi masalah ketika PMS.

Dilansir dari Medical Daily, Elizabeth Bertone-Johnson dari University of Massachusetts menyebut bahwa makanan dan minuman ini bisa sangat berperan besar. Berikut sejumlah tips pola makan yang perlu kamu pertimbangkan agar PMS tidak terlalu bermasalah.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 pola makan yang diperhatikan saat PMS. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Sayuran Hijau

Mengkonsumsi Lebih Banyak Sayuran Hijau
Ilustrasi Sayuran Hijau Credit: pexels.com/Jacqueline

Walau mengonsumsi sayuran hijau memang penting dalam kehidupan sehari-hari, hal ini bakal lebih penting ketika kamu menstruasi. Kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan energi, terutama ketika kamu tidak mengonsumsi daging.

Sayuran seperti bayam, sawi, atau kale dapat menjadi pilihan untuk sayur yang bisa kamu konsumsi. Kamu dapat memperoleh 40 persen dari kebutuhan magnesium harianmu dari berbagai sayuran ini. Kekurangan sumber mineral ini kerap dihubungkan dengan munculnya migrain secara tiba-tiba pada wanita sebelum menstruasi.

Mengurangi Kadar Konsumsi Garam dan Gula

Mengurangi Kadar Konsumsi Garam dan Gula
Ilustrasi Garam Credit: pexels.com/Lorena

"Ketika kamu menginginkan gula, hal ini bisa terjadi karena sebuah alasan," tutur Elizabeth Somer, pakar diet dari Oregon, kepada WebMD.

Hal ini terjadi karena fluktuasi dari tingkat hormon yang membuatmu mengonsumsi lebih banyak kalori dibanding biasanya. Kalori ini biasanya berada dalam bentuk lemak, karbohidrat, atau makanan manis.

Dibanding mengonsumsi gula, Somer menyarankan agar wanita yang mengalami menstruasi untuk mengonsumsi biji-bijian. Lebih bagus lagi jika kamu bisa mengurangi konsumsi garam jika kamu rentan mengalami perut kembung, payudara yang lembek, serta bengkak di jari dan tangan.

Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

Mengonsumsi Susu Rendah Lemak
Ilustrasi Susu Rendah Lemak Credit:shutterstock.com

Jika masalah PMS yang lebih banyak kamu alami melibatkan mood, sebaiknya kamu konsumsi yogurt rendah lemak. Terdapat sejumlah penelitian yang menyebut bahwa kalsium dapat menurunkan serta meredakan berbagai gejala PMS.

Asupan nutrisi ini lebih baik lagi jika berasal dari sejumlah bahan makanan alami. Selain yoghurt, kamu juga bisa mengonsumsi susu rendah lemak, keju, jus jeruk, atau susu kedelai.

Membatasi Alkohol dan Kafein

Membatasi Alkohol dan Kafein
Ilustrasi Minuman Beralkohol Credit: shutterstock.com

"Konsumsi alkohol dapat berujung pada dehidrasi yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kram," ujar seksologis Dr. Marie Stubbs.

Pada 2018, sebuah penelitian di Spanyol menyebut bahwa gejala umum PMS dapat diturunkan dengan mengurangi jumlah minuman yang kamu konsumsi. Konsumsi alkohol disebut memiliki peranan pada perubahan hormon seperti gonadotropin.

Selain alkohol, konsumsi kopi juga perlu untuk dikurangi. Terlalu banyak kafein terutama selepas siang hari dapat menurunkan kualitas tidur sehingga kamu merasa lebih lelah dan memperburuk gejala PMS yang kamu alami.

Empat hal tersebut sebaiknya kamu ingat-ingat ketika PMS melanda. Dengan mengubah pola makan dan minum, gejala PMS yang menyerangmu tiap bulannya bisa jadi tidak terlalu parah.

Lanjutkan Membaca ↓