Di Akhir Usia 20an, Perempuan Bisa Mengalami 5 Perubahan Ini

Endah Wijayanti10 Mei 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 11:15 WIB
ilustrasi

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, ada banyak perubahan yang kita alami termasuk perubahan sudut pandang. Di usia 20an kita akan mendapat banyak pengalaman baru. Tak selalu pengalaman yang menyenangkan, ada kalanya mendapat pengalaman yang membuat kita berada di titik terendah. Semua pengalaman itu pun akan menghadirkan perubahan cara berpikir dan menghadirkan sudut pandang baru tentang kehidupan ketika kita mencapai akhir usia 20an.

Tentu saja tiap perempuan punya pengalaman tersendiri tentang melewati usia 20an. Namun, secara garis besar seorang perempuan akan mengalami lima perubahani ini ketika mencapai akhir usia 20an. Ada perubahan dalam cara memaknai kehidupan yang akan kita rasakan.

1. Menyadari Tidak Ada Kata Terlambat Memulai Hal Baru

Kita makin menyadari bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai hal baru. Kita bisa mencoba pengalaman baru pada usia berapa pun. Di awal usia 20an kita mungkin terobsesi untuk mencoba banyak hal supaya tidak merasa tertinggal. Namun, zaman terus berubah dan banyak tren dan hal yang sangat dinamis untuk dihadapi. Di akhir usia 20an kita akan makin menyadari bahwa mencoba hal baru selalu bisa dilakukan kapan saja.

2. Mulai Memiliki Pemahaman yang Berbeda soal Kesuksesan

Sebelumnya kita terlalu berpatokan pada pencapaian orang lain sebagai satu-satunya standar kesuksesan. Hingga seiring waktu berjalan dan makin menyadari bahwa tiap orang punya kisah dan perjuangan berbeda, kita mulai memiliki pemahaman yang berbeda soal kesuksesan. Kita mulai membentuk definisi sukses kita sendiri. Kita lebih fokus dengan membuat pencapaian kita sendiri yang menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan batin sendiri.

3. Menyadari bahwa Kegagalan adalah Bagian dari Kehidupan

perempuan dan meringankan beban
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Tidak pernah ada orang yang baik-baik saja saat mengalami kegagalan. Kita pun akan terus jatuh bangun dalam menghadapinya. Meskipun begitu, kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Ada situasi dan kondisi yang tak bisa kita cegah atau kendalikan. Ada kegagalan yang memang harus kita rasakan dan alami, tapi itu semua memberi pelajaran berharga tersendiri. Setiap kegagalan akan menjadi sumber kekuatan baru untuk membuat kita lebih tegar jalani kehidupan.

4. Mulai Lebih Mencintai Diri Sendiri

Orang datang dan pergi. Sosok yang dulunya bisa begitu peduli dan perhatian bisa mendadak menghilang dari kehidupan kita. Di awal usia 20an kita sering melakukan berbagai upaya untuk memuaskan hati semua orang sampai kita lupa pentingnya menyayangi diri sendiri. Ketika tidak ada orang lain yang menolong dan membantu kita, maka satu-satunya orang yang bisa meringankan beban adalah diri kita sendiri. Maka, di akhir usia 20an ktia makin menyadari pentingnya lebih mencintai diri sendiri.

5. Menyadari bahwa Proses Adaptasi akan Senantiasa Berlangsung Seumur Hidup

Segalanya akan senantiasa berubah. Proses adaptasi pun akan terus terjadi dalam kehidupan kita. Di setiap pertambahan usia, kita akan dihadapkan pada masalah dan tantangan baru. Hal ini pun hal yang lumrah terjadi. Kita akan menyadari bahwa perubahan adalah sesuatu yang tak terelakkan. Sehingga di akhir usia 20an, kita akan lebih menghargai setiap pengalaman yang ada dan menjalani setiap hari dengan hati  yang lebih terbuka.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, perubahan sudut pandang apa yang paling terasa saat mencapai akhir usia 20an? Semoga setiap pengalaman yang kita dapatkan dalam hidup ini bisa menghadirkan perubahan yang senantiasa lebih baik dari waktu ke waktu, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓