Agar Harmonis, Pasangan Perlu Terbuka Soal Hal Ini sebelum Menikah

Endah Wijayanti12 Mei 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 16:15 WIB
pasangan dan topik tentang uang

Fimela.com, Jakarta Sebelum menikah ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Setiap pasangan pun perlu memiliki kesiapan dan melakukan banyak persiapan agar pernikahan nanti bisa berjalan lancar. Selain itu, pasangan pun perlu meluangkan waktu khusus untuk mengobrol dan membahas sejumlah topik penting.

Pasangan perlu punya sikap terbuka dalam berkomunikasi sebelum menikah. Berbagai topik perlu dibahas bersama, termasuk topik soal keuangan. Sebelum menikah, pasangan perlu terbuka soal keuangan ini satu sama lain agar ke depannya tidak menimbulkan lebih banyak masalah serius.

Masalah Keuangan Merupakan Masalah Paling Sering Muncul dalam Pernikahan

masalah keuangan pernikahan
ilustrasi keuangan pasangan/copyright by Prostock-studio (Shutterstock)

Melansir laman theeverygirl.com, penelitian menunjukkan bahwa uang merupakan salah satu masalah yang besar, sulit, dan selalu ada dalam pernikahan. Saat dua orang menikah, bukan hanya dua individu dan dua keluarga saja yang bersatu. Namun, juga menyatukan masa lalu dan mimpi masa depan bersama. Dalam hal ini, cara mengatur keuangan juga akan sangat memengaruhi kehidupan bersama.

Budaya dan nilai-nilai keluarga serta pengalaman dari masa lalu memengaruhi cara pandang dan keyakinan kita terkait uang. Setiap individu bisa punya cara tersendiri dalam memperlakukan uang, dan cara seseorang memperlakukan uang bisa memengaruhi caranya berkomunikasi dalam keseharian.

Sebelum menikah, penting bagi pasangan untuk terbuka soal penghasilan. Selain itu, perlu terbuka soal kebiasaan membelanjakan uang dan etika dalam mengatasi situasi keuangan yang sulit. Semakin awal pembahasan soal uang ini dilakukan oleh pasangan sebelum menikah, semakin mudah nantinya menjalani keseharian dalam pernikahan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓