3 Kebiasaan Menarik Ini Selalu Menjadi Ciri khas dalam Hari Raya Idul Fitri

Gayuh Tri Pinjungwati12 Mei 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 09:15 WIB
Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Setiap tahun, umat Islam merayakan Idul Fitri yang menandai akhir Ramadan. Perayaan ini merupakan perayaan Idul Fitri yang paling meriah, dan berlangsung selama tiga hari. Mempersiapkan Idul Fitri berarti mengenakan pakaian terbaik dan menikmati berbagai perayaan. Meskipun perayaan berbeda berdasarkan budaya, pentingnya liburan ini tetap konstan lintas batas. Berikut adalah beberapa perayaan menarik yang biasanya dirayakan pada Idul Fitri.

Mengenakan Pakaian Baru

Mengenakan pakaian baru, adalah bagian dari perayaan Idul Fitri. Misalnya di Timur Tengah, dan negara Islam lainnya, perempuan umumnya mengenangkan gaun panjang atau abaya berhias. Sedangkan di Asia Tenggara, perempuan umumnya mengenakan pakaian salwar kameez. Ini juga merupakan tipikal bagi Muslim bagian Barat atau modern untuk mengenakan pakaian formal barat. Sedangkan untuk ppria biasanya mengenakan thawab, setelah celana atau pakaian formal barat.

Makan Bersama

single berhijab
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Odua Images

Selama waktu perayaan Idul Fitri semua umat Islam berkumpul bersama keluarga dan teman. Biasanya mereka melakukan makan bersama dan bermaaf-maafan. Bahkan sebagian lainnya juga memberika hadiah kepada saudara dekat. Mereka akan sibuk menyiapkan suguhan untuk tamu yang datang ke rumah. Setelah menikmati hidangan, biasanya seluruh keluarga berkumpul dan mengobrol bersama.

Zakat Fitrah

Selama Ramadan, zakat atau sedekah kepada orang yang kurang mampu adalah bagian penting dari hari raya. Praktik-praktik ini didorong lebih lanjut pada Idul Fitri dengan memberikan makanan dan uang kepada masyarakat yang kurang mampu. Saat berpartisipasi dalam perayaan Idul Fitri bersama teman-teman Muslim, orang dewasa juga biasa memberikan uang sebagai bagian dari perayaan.

 Nah, seperti apa nih, persiapan lebaran Idul Fitri tahun ini? Jika tidak bisa mudik, ada baiknya untuk tetap melakukan silaturahmi secara virtual saja ya, demi keamanan kita bersama.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓