Perempuan yang Terbiasa Beli Apa-Apa Sendiri, Punya 5 Kelebihan Ini

Endah Wijayanti10 Mei 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 13:45 WIB
perempuan dan belanja sendiri

Fimela.com, Jakarta Bekerja dan menghasilkan uang sendiri memang tidak mudah. Menguras energi dan menghabiskan waktu untuk punya pendapatan sendiri sungguh melelahkan. Namun, bisa membeli apa-apa sendiri dan bisa belanja dengan uang hasil jerih payah sendiri itu memberi kepuasan yang berbeda.

Kali ini yang kita bahas lebih ke arah perempuan yang belum menikah. Dalam artian belum punya komitmen untuk mengatur keuangan bersama pasangan. Termasuk juga yang masih dalam hubungan pacaran, tetap berpegangan pada prinsip untuk berusaha pakai uang sendiri dalam memenuhi kebutuhan (tanpa bergantung pada pacar) juga sebuah kelebihan. Saat menikah dan punya suami, pastinya ada kompromi dan komitmen baru yang dibentuk soal finansial. Sebelum itu, ketika kita sudah terbiasa beli apa-apa sendiri saat masih melajang, kita punya sejumlah kelebihan tersendiri.

1. Punya Kemandirian yang Kuat

Tidak selalu bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan membuat kita lebih mandiri. Kita terbiasa memenuhi banyak kebutuhan sendiri, sehingga kita bisa lebih mandiri dan berani berdiri di atas kaki sendiri. Dengan begini, kita tak akan mudah menyerah atau putus asa ketika dihadapkan pada masalah yang harus kita hadapi seorang diri.

2. Punya Kepercayaan Diri yang Tinggi

Tujuan kita bekerja kadang lebih dari sekadar cari uang, melainkan juga untuk aktualisasi diri. Uang yang kita hasilkan bagaikan bonus tersendiri atas kepuasan batin yang kita dapat dari memaksimalkan potensi yang kita punya. Ada rasa kepercayaan diri yang akan terbentuk dengan sendirinya. Bisa membeli barang yang diinginkan dengan hasil kerja sendiri akan membuat kita merasa lebih bahagia.

3. Punya Kendali Diri yang Lebih Baik

perubahan prioritas dan uang
Menyesuaikan prioritas./Copyright shutterstock.com/g/miya227

Terbiasa membeli apa-apa dengan uang sendiri, kita terbiasa pula untuk membuat pertimbangan matang sebelum membeli sesuatu. Bahkan kadang kita perlu menabung lama untuk bisa membeli barang impian. Ada kendali diri yang lebih baik yang terbentuk dengan sendirinya. Karena sudah merasakan langsung perjuangan mendapatkan uang, maka kita bisa lebih bijak dalam membelanjakannya.

4. Punya Kemampuan Meringankan Beban Orang Lain

Ini juga suatu kelebihan. Karena kita sudah terbiasa memenuhi kebutuhan sendiri, kita tak lagi terus bergantung pada orang lain untuk meminta bantuan finansial. Setidaknya dengan begini kita bisa meringankan beban orang lain. Bahkan kita bisa memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan orang lain, dan hal ini bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri.

5. Punya Kemudahan untuk Menemukan Kebahagiaan

Kebahagiaan itu perlu kita ciptakan sendiri. Saat tak ada orang yang bisa membelikanmu bunga, maka beli bunga terindah untukmu sendiri. Saat belum ada pasangan yang bisa membelikanmu sepatu cantik, maka pilih dan beli sepatu paling bagus untuk diri sendiri. Terbiasa membeli apa-apa sendiri, kita pun terbiasa untuk menciptakan kebahagiaan kita sendiri meski dengan cara sederhana seperti beli es krim sendiri selepas bekerja. 

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa kelebihan atau keuntungan yang didapatkan dengan membiasakan diri belanja pakai uang sendiri dan beli apa-apa sendiri? Pastinya di antara kita punya pengalaman dan sudut pandang tersendiri terkait hal ini. Tapi satu hal yang pasti, menjadi perempuan mandiri itu memberi banyak kemudahan untuk kita sendiri.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓