5 Tips untuk Kamu yang Ingin Cepat Kenyang Walau Hanya Makan Sedikit

Imelda Rahma10 Mei 2021, 17:35 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 17:35 WIB
makan

Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan membatasi porsi makan. Namun hal ini seringnya membuat perut menjadi kurang kenyang.

Ketika kamu makan terlalu sedikit, maka perut kerap terasa lapar sehingga akhirnya kamu makan lebih banyak. Hal ini tentu bisa berdampak buruk pada diet yang sedang kamu lakukan.

Untuk mengurangi asupan makanan ini, terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan. Hal ini melingkupi kebiasaanmu ketika makan atau juga pilihan makanan yang kamu miliki.

Chelsea Oarr, RD, CDN, pakar diet dari NY Nutrition Group mengungkap sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah cara buat perut kenyang walau makan lebih sedikit. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Makan secara Perlahan

Makan secara Perlahan
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Credit: shutterstock.com

Ketika kamu makan terburu-buru, tubuh tidak bisa mengenali rasa yang muncul ketika kamu kenyang.

"Makan secara perlahan dan mengunyahnya dalam waktu lebih lama bisa membuat perut mengiring sejumlah sinyal pada otak untuk menyatakan ketika kamu kenyang," terang Oarr.

Mengonsumsi Air Mineral Sebelum Makan

Mengonsumsi Air Mineral Sebelum Makan
Ilustrasi Mengonsumsi Air Mineral Credit: shutterstock.com

"Sangat sering salah mengira dehidrasi sebagai rasa lapar," jelas Oarr.

Oleh karena itu, ketika kamu tengah lapar, sebaiknya minum terlebih dahulu agar perut terasa kenyang. Hal ini juga membuat air mengisi ruang di perut sehingga terdapat sinyal yang dikirim oleh perut menyatakan bahwa kamu kenyang.

Mengonsumsi Sayuran Pendamping

Mengonsumsi Sayuran Pendamping
Ilustrasi Sayuran Credit: pexels.com/Libra

Sayuran memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membuatmu lebih kenyang. Kandungan kalori yang rendah di dalam salah juga bisa membuatmu memakannya dalam jumlah banyak. Selain itu, terdapat kandungan serat yang tinggi sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Ketut

Ketika kamu kurang tidur, kamu bakal lebih menginginkan untuk mengonsumsi gula demi meningkatnya energi. Konsumsi makanan ini bisa meningkatkan energi dan kemudian upayamu menurunkan berat badan jadi gagal.

Mengonsumsi Makanan Berprotein

Mengonsumsi Makanan Berprotein
Ilustrasi Makanan Berprotein Credit: pexels.com/Snapwire

Seperti serat, protein juga lebih lama dicerna dan menggunakan lebih banyak energi. Hal ini bisa membuat perutmu tetap kenyang walau kamu hanya makan sedikit.

Lanjutkan Membaca ↓