Ketahui 5 Manfaat Acar bagi Kesehatan Tubuh, Baik untuk Sistem Pencernaan

Imelda Rahma10 Mei 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 18:35 WIB
Acar

Pada saat memesan sepiring nasi goreng, salah satu pendamping yang selalu ada adalah acar mentimun. Makanan ini memiliki rasa yang manis, asam, dan segar yang sangat cocok untuk dikonsumsi.

Terdapat berbagai jenis acar yang bisa dibuat dengan berbagai bahan makanan yang ada. Oleh karena itu, makanan ini bisa sangat disesuaikan dengan kesukaanmu.

Acar merupakan salah satu pendamping makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Rasa yang dihadirkan oleh acar ini membuatnya kadang tak bisa dikesampingkan walau hanya menjadi tambahan.

Selain mampu meningkatkan rasa makanan, acar ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa diperoleh dari acar.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Gio

Probiotik merupakan jenis bakteri yang ramah pada sistem pencernaan dan membantu kamu untuk memproses makanan. Acar yang telah difermentasi dengan garam membentuk bakteri probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Melawan Radikal Bebas

Melawan Radikal Bebas
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Cha

Acar biasanya terbuat dari buah dan sayuran segar tanpa dimasak sehingga tinggi dengan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Zat ini berguna untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Meningkatkan Kesehatan Mental
Ilustrasi Ekspresi Bahagia Credit: shutterstock.com

Selain meningkatkan pencernaan, bakteri probiotik juga mampu meningkatkan kesehatan mental kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan acar dapat meningkatkan fungsi otak, mempengaruhi suasana hati, dan menghilangkan kecemasan.

Meningkatkan Kesehatan Anak

Meningkatkan Kesehatan Anak
Ilustrasi Kesehatan Anak Credit: pexels.com/Naomi

Acar dengan basis cuka mampu meningkatkan kesehatan anak-anak secara keseluruhan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Penelitian menemukan bahwa acar mampu membantu melindungi buah hati kamu dari penyakit seperti flu dan demam.

Baik untuk Kesehatan Janin

Baik untuk Kesehatan Janin
Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/Leah

Karena seluruh organ penting janin tumbuh sejak di dalam kandungan, maka penting agar kesehatannya terjaga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan buah hati sejak dini adalah dengan mengonsumsi acar semasa hamil sebab acar tinggi akan bakteri probiotik.

Lanjutkan Membaca ↓