Doa Mandi Sebelum Salat Idul Fitri, Berpahala Jika Dikerjakan

Febi Anindya Kirana11 Mei 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 17:45 WIB
idul fitri

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali sunnah yang mendatangkan pahala jika dilakukan sebelum Salat Idul Fitri, salah satunya adalah mandi atau membersihkan diri secara benar dengan mengguyur tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Secara umum, mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri bertujuan untuk menyucikan diri. Dirimu perlu keramas, menggosok gigi serta menyabun seluruh tubuh hingga bersih demi menyambut hari yang fitri dengan tubuh yang juga suci.

Bahkan hal ini dianjurkan karena dijelaskan dalam hadits bahwa Rasulullah mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat dua rakaat pada Hari Raya Idul Fitri, "Bahwasannya Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

Meski tampaknya sepele, 'ah hanya mandi' tapi ternyata mandi sebelum Salat Idul Fitri juga memiliki niat tersendiri.

Berikut doa niat mandi sebelum Salat Idul Fitri:

Doa salat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

نَوَيْتُ غُسْلَ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla li 'îdil fithri sunnatan lillahi ta’aalaa."

Artinya: "Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah."

Sedangkan waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan mandi sunnah sebelum salat Idul Fitri adalah sebelum ataupun setelah dikerjakannya salat subuh. Sesuai ajaran agama Islam, mandi sunnah sebelum salat Idul Fitri ini juga dapat dikerjakan mulai tengah malam sebelum hari Idul Fitri, seperti dilansir dari Merdeka.

Sesuai penjelasan Syekh al-Baijuri, yaitu "Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) pada tengah malam." (Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al-Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi 'ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja dalam al-Ilmiyyah, 1999).

Tata caranya cukup sederhana, seperti ketika kamu mandi besar setelah menstruasi. Jadi, pastikan melakukan sunnah mandi sebelum salat Idul Fitri ini ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓