Sukses

Lifestyle

Penelitian Membuktikan, Ini Manfaat Mandi Air Es untuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Hidup di negara tropis yang hampir selalu memili suhu panas sepanjang hari, mungkin bukan pertama kalinya kamu pernah membayangkan mandi dengan air dingin sedingin es. Saat cuaca sedang terik mungkin kamu juga pernah membayangkan enaknya berendam air es.

Mungkin sebaiknya hal itu tidak hanya kamu bayangkan tapi juga dilakukan sesekali di rumah, karena sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Athletic Training menemukan bahwa mandi air dingin (atau air es) mampu membantu meredakan hipertermia saat beraktivitas.

Hipertermia sendiri merupakan kondisi tubuh terlalu panas sehingga dapat membahayakan, biasanya terjadi sebagai respons terhadap cuaca lembap dan panas yang berkepanjangan. Dan kondisi seperti ini sangat memungkinkan di daerah tropis yang panas.

Manfaat mandi air es untuk tubuh

Penelitian yang dimuat tahun 2016 ini juga menyebutkan bahwa berendam air es bukan hanya mampu memberi efek terapi yang efektif menurunkan suhu tubuh yang tinggi namun juga melepaskan stres. Bukan hanya itu, mandi es juga diketahui dapat memulihkan otot atau mencegah terjadinya nyeri otot setelah olahraga keras.

Elizabeth Gardner. MD, dokter pengobatan olahraga asal Yale Medicine sekaligus profesor Bedah Ortopedi di Yale School of Medicine, mengatakan dalam Byrdie.com bahwa saat tubuh terpapar air dingin, pembuluh darah akan mengerut dan mengecil. Namun saat keluar dari air, perubahan suhu menyebabkannya terbukanya kembali pembuluh dengan cepat, sehingga dapat membantu membilas sisa metabolisme otot dengan lebih baik.

"Pelebaran pembuluh darah yang cepat ini juga mampu memberikan oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan ke otot, yang secara teori akan membantu mereka pulih setelah latihan keras," jelasnya.

Jadi, jika kebetulan cuaca sedang sangat panas dan atau baru saja olaharga keras, silakan mencoba mandi atau berendam es di rumah ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading