Sukses

Lifestyle

Jaga Silaturahmi dan Kesehatan di Masa Pandemi dengan Kue Lebaran Sehat dan Berserat 

Fimela.com, Jakarta Ketika jarak memisahkan, rasa dan kelezatan bisa menghubungkan kita. Lebaran tahun ini memang masih berbeda karena sebagian dari kita tidak dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Untuk itu, Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA), pemimpin global di bidang teknologi kesehatan, membagikan resep kue sehat yang dirancang bersama ahli gizi ternama, untuk membuat momen Lebaran Anda tetap spesial. 

“Momen Lebaran selalu menjadi momen istimewa setiap tahunnya, karena inilah saatnya menjalin silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara, hingga sahabat,” komentar Danny Hadhyan, District Leader Personal Health Philips Indonesia. “Lebaran tahun ini memang masih berbeda, tetapi ada banyak cara untuk tetap dekat dengan orang-orang tersayang. Salah satunya dengan mengirimkan kue buatan sendiri. Apalagi jika kue tersebut tidak hanya lezat, tapi juga sehat.”

Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan bahwa selama ini kue Lebaran identik dengan rasa manis, berlemak terutama lemak jenuh, serta tidak berserat dan tidak bermikronutrien.

“Di situasi pandemi Covid-19 ini, tentu saja kita harus senantiasa meningkatkan imunitas tubuh dan menghindari hal-hal yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Di antaranya adalah dengan bijak memilih makanan yang baik untuk Kesehatan. Konsumsi gula berlebih, lemak jenuh berlebih serta rendah serat dan mikronutrien akan berisiko  melemahkan imunitas tubuh,” jelas Rita. “Oleh karena itu, kita harus disiplin dalam mengkonsumsi kue Lebaran serta menyiasati pemilihan bahan dan cara pembuatannya.”

Menu praktis

Menurut Rita, cara yang bisa dilakukan adalah dengan : a) mengurangi dan mengganti jenis gula pasir dengan gula kelapa; b) mengganti butter atau mentega dengan minyak kelapa murni; c) mengganti tepung terigu biasa dengan terpung terigu dari gandum utuh; d) menambahkan buah-buahan kering, dan; e) mimilih alat memasak kue yang suhunya bisa diatur sedemikian rupa.

Bersama dengan Philips Indonesia, Rita Ramayulis merancang resep Muffin lezat yang lebih berserat, rendah gula, dengan lemak rantai menengah dan lemak jenuh rendah. Berikut adalah resepnya:

Muffin SBB (Sehat, Berserat dan Bermikronutrien)

Porsi 4 orang, persiapan 10 menit, waktu memasak 15 menit

Bahan A 

75gr tepung gandum utuh (diayak)

1 1/2 sdt baking soda Gluten free

1 sdt kayu manis

Garam sejumput

Bahan B 

1 telur ayam kampung

2 sdm gula kelapa organik

35ml susu

40ml sari almond

50gr minyak kelapa

 

Cara membuat:

1.       Campurkan bahan A di mangkok sampai tercampur rata dan sisihkan.

2.       Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah (kurang lebih 2 menit) kemudian masukkan satu persatu bahan B lalu aduk rata.

3.       Masukkan bahan A ke dalam mangkok bahan B dan campur sampai rata dengan menggunakan spatula.

4.       Masukkan 50gr  isian muffin cranberry ke dalam adonan

5.       Siapkan mangkok kertas muffin (dua lapis mangkok kertas untuk 1 muffin) dan tuang adonan dan  taburi atas adonan dengan cranberry

6.       Panaskan Airfyer dengan suhu 200 selama 3 menit, kemudian masukkan muffinnya dan turunkan suhu ke 165, setelah 5 menit turunkan suhu menjadi 145 sampai muffin matang.

7.       Angkat muffin dan sajikan.

Penggunaan Air Fryer memungkinkan memanggang kue dengan menggunakan hembusan udara yang dipanaskan sesuai dengan derajat panas yang diinginkan, sehingga dapat mematangkan kue tanpa merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading