5 Tips Mengatasi Kolesterol yang Melonjak Drastis Setelah Lebaran

Imelda Rahma18 Mei 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 16:45 WIB
Diabetes

Pada saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri tiba, banyak orang mengalami perubahan pola makan dari sebelumnya saat puasa. Salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami pada saat lebaran adalah melonjaknya kolesterol pada tubuh.

Melonjaknya kolesterol pada saat lebaran ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Hal ini terjadi karena tingginya konsumsi santan, daging, serta kudapan tak sehat.

sejatinya, kolesterol merupakan semacam lemak yang memberi energi pada sel. Salah satu fungsinya adalah membentuk hormon yang diperlukan tubuh. Sayangnya kebanyakan kolesterol justru bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular.

Sejumlah tindaka bisa kamu lakukan untuk mengatasi kolesterol melonjak dengan pesat. Dilansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kolesterol yang melonjak saat lebaran.

Berhenti Merokok

Berhenti Merokok
Ilustrasi Merokok Credit: pexels.com/Saba

Merokok bisa membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh menurun sementara kolesterol jahat meningkat. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhenti agar kolesterol lebih stabil.

Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Tirachard

Berolahraga merupakan kunci untuk mencegah dan mengurangi kolesterol tinggi pada tubuh. Melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin ampuh menjauhkan diri kamu dari kolesterol.

Menghindari Lemak Jenuh

Menghindari Lemak Jenuh
Ilustrasi Makanan Kering Credit: pexels.com/Ben

Makanan berlemak jenuh membuat kolesterol jahat meningkat drastis. Biasanya makanan seperti ini ditemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Batasi asupan lemak jenuh 20 gram saja dalam sehari untuk mencegah kolesterol meningkat.

Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan
Ilustrasi Obesitas Credit: shutterstock.com

Berat badan berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol. Pada awalnya, lemak yang terlalu banyak menganggu produksi hormon insulin. Hal itulah yang kemudian memicu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

Mengonsumsi Banyak Bayam

Mengonsumsi Banyak Bayam
Ilustrasi Bayam Credit: pexels.com/Rudolfo

Bayam bisa menjadi pilihan sayuran yang membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi. Bayam mengandung 13 komposisi flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021