Sukses

Lifestyle

Kedekatan Ibu dan Anak Mempengaruhi Keputusannya Soal Relasi Seksual

Fimela.com, Jakarta Kedekatan anak perempuan dengan orangtua ternyata memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan anak, termasuk tentang bagaimana mereka menjaga dirinya sendiri ketika mengenal lawan jenisnya. Hubungan dekat dan baik dengan ibu misalnya, ternyata berhubungan erat dengan bagaimana anak perempuan akan menentukan kapan ia bisa berhubungan seksual.

Sebuah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Pediatrics menemukan bahwa anak perempuan yang dekat dengan ibu mereka sejak kecil cenderung lebih mampu menentukan kapan sebaiknya berhubungan seksual ketika dewasa dibanding anak perempuan yang punya hubungan buruk dengan ibu mereka.

Kedekatan ibu dan anak tentukan keputusannya terkait hubungan seksual

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa anak perempuan yang memiliki hubungan berkualitas dengan ibunya cenderung tidak melakukan hubungan seksual antara usia 12 dan 16 tahun. Jika anak perempuan dan ibunya memiliki kedekatan emosional, saling percaya dan terbuka satu sama lain, anak gadis tersebut akan lebih mendengarkan kata-kata ibunya dibanding terbawa pengaruh buruk teman-teman sekitarnya.

Penelitian dilakukan terhadap 2.931 peserta dengan anak-anak remaja usia 12-16 tahun sebanyak 233 di Belanda dengan mengisi kuisioner tentang hubungan mereka dengan orangtua. Hasilnya, dari 77 anak remaja perempuan, sebanyak 44% anak perempuan terbukti mampu memutuskan kapan ia menjalin hubungan dengan lawan jenisnya secara dewasa ketika memiliki kedekatan yang kuat dengan ibunya.

Di zaman yang serba bebas dan banyak sekali pengaruh luar yang sulit disaring, orangtua memang harus menjadi tameng yang kuat terkait pendidikan seksual anak. Jadi, sebisa mungkin jaga hubungan dekat dengan anak perempuan sejak kecil ya Moms.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading