Sukses

Lifestyle

5 Sikap Posesif Pasangan yang Bisa Merusak Hubungan dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Sikap posesif tak hanya berdampak buruk pada hubungan yang dijalani, akan tetapi juga bisa membuat kita jauh dari orang-orang terdekat. Karena biasanya pasangan yang posesif akan selalu memiliki cara untuk menjauhkan pasangannya dari orang lain. Ini disebabkan oleh banyak hal, seperti rasa cemburu, kurangnya kepercayaan atau rasa harga diri yang rendah. Agar mengetahui tandanya, berikut ini adalah beberapa dampak dari sikap posesif yang bisa merusak hubungan kita dengan orang lain.

1. Cemburu berlebihan

Cemburu adalah hal yang wajar dalam hubungan, cemburu pada batas tertentu juga sebenarnya dibutuhkan agar pasangan merasa saling memiliki dan bisa menjaga komitmen. Akan tetapi, jika sudah pada level berlebihan, misalnya jika seseorang meminta pasangan untuk memutuskan hubungan dengan seseorang karena alasan cemburu, sikap seperti ini lama-lama akan menjauhkanmu dari lingkungan sosial.

2. Melanggar privasi

Untuk lebih jauh lagi seorang yang cemburu berlebihan atau posesif bisa melakukan tindakan yang melanggar privasi, misalnya seperti menyadap handphone dan sosial media atau mengambil alih akun pasangan dan mengendalikannya. Mereka juga bisa dengan bebas menggunakan media sosial pasangan untuk membalas pesan orang lain atau mengunduh hal-hal yang mereka hendaki, bahkan jika hal tersebut membuat pasangan merasa tak nyaman dan tidak senang.

3. Membatasai interaksi dengan orang lain

Biasanya seseorang akan saling mengenalkan orang-orang terdekat mereka pada pasangan, misalnya seperti teman dan keluarga. Karena orang yang dianggap penting oleh pasangan juga bisa dianggap penting oleh pasangan yang lain. Akan tetapi, jika pasangan mulai membatasi interaksi seseorang dengan keluarga atau sahabat mereka, ini bukanlah sebuah tanda yang baik.

4. Melarang untuk bertemu orang lain

Terkadang kecemburuan berlebihan bisa membuat seseorang bersikap sangat protektif pada pasangan, termasuk melaran mereka bertemu dengan orang lain, sekali pun itu teman dekat dan keluarga. Kadang kecemburuan memang bisa membutakan seseorang sehingga bertindak demikian. Jika hal ini terus terjadi, ini pertanda bahwa dia memang ingin mengendalikan pasangan.

5. Menjelekkan orang di sekitar kita

Ini merupakan salah satu bentuk tindakan beracun dalam hubungan, karena pasangan sudah mulai mendominasi dengan menjelekkan atau memberi komentar negatif pada orang di sekitar, seperti keluarga atau teman dekat. Ini berbahaya karena dapat menjauhkan kita dari orang-orang sekitar termasuk orang-orang penting. Dan masalah pribadi seperti keburukan keluarga atau teman pergaulan bukanlah hal yang seharusnya jadi pembicaraan dalam hubungan.

Sebaiknya jika sudah menemukan tanda-tanda ini pada pasangan, dirimu harus bisa melindungi diri dan jangan sampai mudah termanipulasi. Ajaklah pasangan berbicara secara terus terang, berikan komentar positif dan usahakan agar mereka juga bisa berteman dan berbaur dengan orang terdekat kita agar mereka merasa nyaman.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading