Sukses

Lifestyle

4 Jenis Hunian dengan Konsep Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Fimela.com, Jakarta Konsep ramah lingkungan kini tidak hanya diterapkan pada gaya hidup sehari-hari, melainkan juga dapat diaplikasikan pada konsep hunian pribadi atau rumah. Swancity telah menerapkan konsep hunian hijau dengan mengadaptasi teknologi baru untuk menjadi jantung kota mandiri di Tangerang New City.

Dari konsep ramah lingkungan yang diusung pada huniannya, Swancity melalui perumahan Daisan berhasil menghemat energi sebesar 39,5%, penghematan air sebesar 32,7%, dan penggunaan energi terkandung lebih rendah sebesar 52,75%. Menjadikan Daisan meraih sertifikasi EDGE (Excellent in Design for Greater Efficiencies).

Dengan bahan baku dan sistem hunian ramah lingkungan, komplek perumahan Daisan mampu mengurangi jejak karbon.

“Kami bangga dengan kontribusi Daisan dalam mengurangi emisi karbon pada planet. Kami memahami permintaan pasar akan hunian hijau dan perubahan iklim yang diakibatkan oleh hasil bangunan. Untuk itu, kami konsisten untuk terus mengembangkan aspek keberlanjutan dan mengadopsi model yang lebih hijau untuk dapat memberikan masa depan yang lebih aman dan hijau bagi masyarakat,” jelas Residential Sales Director of Swancity Indonesia, Arnold Montana.

 

Menghemat sejumlah energi

Daisan berhasil mendapatkan sertifikasi EDGE untuk empat tipe rumah, yakni The Villa, The Flexible, The Courtyard, dan The Lakehome. Masing-masing klaster melakukan penghematan di beberapa hal berbeda, di antaranya

  • The Flexible dapat menghemat energi sebesar 37%, hemat air sebesar 28%, dan mengurangi penggunaan energi terkandung dalam bahan baku sebesar 50%.
  • The Lakehome bisa hemat energi sebesar 44%, hemat air sebesar 38%, dan menggunakan energi terkandung 53% lebih kecil dibanding rumah konvensional.
  • The Villa bisa mencapai penghematan energi hingga 35%, penghematan air hingga 29%, dan materi bahan baku yang less embodied sebesar 53%.
  • The Courtyard dapat menghemat energi sebesar 42%, hemat air 36%, dan telah mengurangi penggunaan energi terkandung sebesar 53%. Seluruh unit perumahan dibangun dengan sistem pencahayaan yang hemat energi serta dilengkapi dengan kaca termal dan alat penghemat air yang mengurangi biaya operasional bulanan sembari tetap menawarkan kenyamanan dengan adanya ventilasi yang baik dan cahaya matahari.

 

Perumahan ramah anak

Sebelum Daisan, Swancity telah membangun produk berkelanjutan yang disebut Lavon 1 dan Lavon 2. Pada Lavon 1 diisi oleh rumah konvensional dua lantai yang dapat dimiliki dengan harga terjangkau. Tanaman hijau subur dan lanskap yang cermat menjadi fitur ikonik di dalam kompleks hunian sehingga memberikan pengalaman hidup sehat dengan membangun eco-corridor. Area ini difungsikan untuk menampung air hujan agar terhindari dari banjir.

Ada juga Lavon 2 yang menjadi hunian berkonsep double decker yang memisahkan lalu lintas kendaraan dan penghuni. Komplek ini menghadirkn konsep fungsional dengan fitur rumah pintar yang estetik. Memiliki area terbuka sebesar 44% dan lingkungan hijau sebesar 83% dari keseluruhan komplek, Lavon menyediakan tempat bermain dan bersosialisasi yang aman bagi anak-anak.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading