Hubungan Terasa Berat Sebelah, Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan

Endah Wijayanti08 Jun 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 13:45 WIB
kesepian saat punya pasangan

Fimela.com, Jakarta Setiap hubungan pasti akan dihadapkan pada berbagai masalah dan konflik sendiri. Permasalahan dan persoalan baru akan datang silih berganti dalam sebuah hubungan. Tapi bagaimana jika permasalahannya adalah hubungan yang terasa berat sebelah?

Berat sebelah dalam artian kamu sudah mengusahakan banyak hal untuk menjaga keutuhan hubungan, tapi pasanganmu tak menunjukkan usaha apa pun untuk mempertahankan hubungan ini. Bukan berarti kamu hitung-hitungan dalam hubungan atau menjadikan hubungan bersifat transaksional, hanya saja saat kamu merasa pasanganmu sudah tidak peduli lagi dengan kelangsungan hubungan, mungkin ini saatnya untuk mulai mengambil sebuah keputusan atau pilihan baru.

1. Berkomunikasi dengan Lebih Terbuka Lagi Bersama Pasangan

Luangkan waktu khusus untuk berkomunikasi berdua. Bahas lagi soal kelanjutan hubungan ini ke depannya bagaimana. Sampaikan uneg-uneg dan isi hatimu saat kamu merasa terlalu kewalahan dalam menjaga hubungan. Coba cari tahu awal mula masalah yang ada. Bisa jadi selama ini ada hal yang sebenarnya perlu diperbaiki tapi belum dikomunikasikan dan dibicarakan dengan baik.

“We have to allow ourselves to be loved by the people who really love us, the people who really matter. Too much of the time, we are blinded by our own pursuits of people to love us, people that don't even matter, while all that time we waste and the people who do love us have to stand on the sidewalk and watch us beg in the streets! It's time to put an end to this. It's time for us to let ourselves be loved.”― C. JoyBell C.

2. Mengambil Jeda atau Menjaga Jarak untuk Sementara Waktu

Jelas sangat melelahkan bagi dirimu sendiri bila memperjuangkan hubungan seorang diri. Mungkin salah satu hal yang perlu dilakukan saat ini adalah mengambil jeda atau menjaga jarak untuk sementara waktu. Perlu menjernihkan pikiran terlebih dahulu. Mungkin ada ekspektasi yang belum terpenuhi.  Saat ada ekspektasi kita yang tak terpenuhi dan kita tak bisa mengatasinya dengan baik, maka bisa membuat kita merasa kecewa dan kesepian sendiri. Berbaik hati kepada diri sendiri perlu dilakukan supaya punya kekuatan untuk menyelesaikan akar permasalahan yang ada di hubungan.

3. Menyudahi Hubungan bila Memang Itu Jalan Keluar Terbaik

pasangan bertengkar
Ilustrasi/copyright shutterstock/shisu_ka

Tidak semua hubungan bisa dipertahankan. Ada hubungan yang justru perlu diakhiri demi kebaikan dan kebahagiaan bersama. Saat hubungan sudah terlalu sulit untuk dipertahankan, mungkin ini saatnya untuk menyudahi. Tentu saja mengakhiri sebuah hubungan juga tak mudah. Ada pergulatan emosi dan perasaan yang pastinya terlibat. Selalu buat pertimbangan yang benar-benar matang sebelum mengambil keputusan besar dalam hubungan.

4. Membangun Kompromi dan Komitmen Baru dalam Hubungan

“If he can't handle you at your worst then he does not deserve you at your best. Real love means seeing beyond the words spoken out of pain, and instead seeing a person's soul.”― Shannon Alder, 300 Questions LDS Couples Should Ask Before Marriage

Kalau masih merasa hubungan yang ada masih layak untuk dipertahankan dan diperjuangkan, maka bisa coba membangun kompromi dan komitmen baru. Dengan kompromi dan komitmen baru, ada fondasi yang lebih kuat untuk dimiliki. Siapa tahu hubungan ini bisa lebih baik dan kuat lagi dengan membuat komitmen baru yang disepakati bersama.

5. Meningkatkan Respek terhadap Satu Sama Lain

Satu hal penting yang perlu kembali diingat adalah kamu dan pasanganmu adalah dua individu yang berbeda. Pasti ada perbedaan yang mewarnai hubungan. Selama perbedaan bisa dikompromikan maka hubungan bisa tetap berjalan harmonis. Hanya saja ketika kamu merasa hubungan ini berat sebelah, tampaknya memang perlu meningkatkan respek terhadap satu sama lain. Meningkatkan lagi upaya saling menghargai, khususnya terhadap perbedaan yang ada jika ingin hubungan berjalan dengan lebih baik.

Semoga hubungan yang kamu miliki saat ini bisa menemukan jalan keluar yang terbaik, ya. Jika memang masih layak untuk dipertahankan dan diperjuangkan, semoga ada langkah dan jalan-jalan yang lebih mudah untuk ditempuh.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓