5 Minuman Enak yang Dapat Tingkatkan Konsentrasi

Baiq Nurul Nahdiat09 Jun 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 10:15 WIB
Kopi

Fimela.com, Jakarta Jika kamu memiliki masalah susah berkonsesntrasi, daya ingat yang lemah atau gampang lelah saat berpikir. Selain pengobatan medis, sebenarnya ada beberapa jenis minuman dari bahan-bahan alami yang sangat berguna untuk kesehatan otak. Jadi tidak hanya enak, minuman ini juga kaya manfaat. Seperti yang dilansir pada lama Healthline, inilah beberapa jenis minuman yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi.

1. Kopi

Kopi mungkin adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi. Sebagian besar manfaat bagi otak berasal dari kafein, meskipun mengandung senyawa lain seperti asam klorogenat antioksidan yang juga dapat memengaruhi otak. Satu ulasan mencatat bahwa kafein dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan dan memori dalam dosis 40–300 mg, yang setara dengan sekitar 0,5–3 cangkir kopi.

2. Teh hijau

Teh Hijau
Ilustrasi Teh Hijau Credit: pexels.com/Alleksana

Kandungan kafein teh hijau jauh lebih rendah daripada kopi. Namun,  menawarkan dua senyawa nootropik yang menjanjikan, yakni l-theanine dan epigallocatechin gallate. Studi menunjukkan bahwa l-theanine dapat meningkatkan relaksasi, serta l-theanine yang dikombinasikan dengan kafein dapat meningkatkan reaksi. Sebuah tinjauan dari 21 penelitian pada manusia menemukan bahwa teh hijau secara keseluruhan dapat mendukung fokus, reaksi dan memori.

3. Jus Blueberry

Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat memberikan manfaat meningkatkan otak begitu juga antosianin di dalamnya. Efek positif terkuat dari mengonsumsinya melibatkan memori jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik pada otak.

 

4. Jus jeruk

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C
Ilustrasi Jus Jeruk Credit: unsplash.com/PhotoMIX

Jus jeruk kaya akan vitamin C dan  vitamin ini menawarkan manfaat neuroprotektif. Satu ulasan dari 50 penelitian pada manusia menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C darah yang lebih tinggi atau asupan vitamin C yang dilaporkan memiliki skor perhatian, memori, dan bahasa yang lebih baik daripada mereka yang memiliki tingkat darah atau asupan yang lebih rendah. Hanya saja yang perlu diperhatikan kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

5. Jus buah bit

Bit adalah sayuran akar merah tua yang secara alami kaya akan nitrat yang digunakan tubuh untuk meningkatkan oksigenasi sel dan meningkatkan aliran darah. Oksida nitrat dapat memainkan peran di area otak yang bertanggung jawab untuk bahasa, pembelajaran, dan pengambilan keputusan tingkat lanjut.

Selain beberapa minuman di atas juga ada beberapa bahan alami yang dapat meningkatkan konsentrasi maupun Kesehatan otak, seperti brokoli, ikan salmon, jus kunyit, apel atau sayuran hijau lainnya. Tetapi, perhatikan lagi jumlah yang dikonsumsi, karena kopi atau teh mungkin kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021