Mengunjungi Lokasi Gempa, Ada Cerita Haru yang Membekas di Dada

Endah Wijayanti09 Jun 2021, 09:40 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 09:40 WIB
menjelajahi pulau di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Setiap kali kita melakukan perjalanan, selalu ada cerita yang berkesan. Bepergian atau mengunjungi sebuah tempat memberi kenangan tersendiri di dalam hati. Tiap orang pastinya punya pengalaman atau kisah tak terlupakan tentang sebuah perjalanan, seperti tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Trip Story: Setiap Perjalanan Selalu Memiliki Cerita berikut ini.

***

Oleh: Novatri Bulo

Masih teringat jelas perjalanan ke lokasi gempa di salah satu kota di Sulawesi dua tahun lalu. Saat itu saya ditunjuk sebagai perwakilan kantor bersama empat orang lainnya untuk melakukan pendataan pemberian santunan jaminan sosial dan edukasi kepada korban bencana.

Beruntung, saat itu kami mendapat penginapan setelah kabarnya hampir semua tempat di kota itu hancur karena gempa. Ibu saya padahal sudah menyediakan semua keperluan termasuk losion anti nyamuk, sarung, dan obat nyamuk, kalau-kalau harus menginap di kantor/tenda.

Sebuah Cerita Sedih

cinta ibu dan pekerjaan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/photographeeeu

Ada satu cerita yang saya ingat ketika di sana. Di hari ketiga, saya dan dua orang teman mengunjungi rumah salah satu korban gempa penerima santunan dari salah satu hotel yang terkena dampak sangat parah. Seorang perempuan berumur 20 tahunan yang dibesarkan dengan penuh kasih dan merupakan kebanggaan keluarga menjadi salah satu korbannya. 

"Saya berlari ke hotel tempat dia bekerja saat gempa terjadi, membawa peralatan seadanya dan terus menggali reruntuhan bangunan, tapi saya tidak menemukannya. Saya berhasil menyelamatkan korban lain, tapi anak saya sendiri tidak bisa saya selamatkan," kata-kata ayahnya dalam bahasa daerah setempat masih teringat jelas di kepala saya. Dia tertunduk lesu,mengusap air matanya.

Ada pepatah yang mengatakan a daughter's first love is her father. Ya, itu benar. Perjalanan selama lima hari di kota itu penuh cerita. Cerita haru tentang keluarga, kerabat, dan sahabat yang membekas dalam benak.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓